Desain Sistem Monitoring Pengolahan Sampah Organik Maggot berbasis Internet of Things - Dalam bentuk buku karya ilmiah

YOURI MUHAMMAD

Informasi Dasar

24.04.954
004.678
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Sampah adalah permasalahan yang paling sering ditemukan saat ini. Masih sering terlihat sampah tidak pada tempatnya atau petugas yang belum membuang sampah ke pembuangan sampah, hal seperti ini dapat menimbulkan ketidaknyamanan pada saat beraktifitas bahkan hingga menyebabkan polusi udara. Salah satu cara pengolahan sampah organik dengan menguraikan sampah organik dengan maggot. Oleh karena itu, petugas harus memantau pengolahan sampah organik tersebut. Umumnya pengolahan sampah organik maggot dipantau melalui suhu, pH dan berat untuk mengetahui kondisi maggot saat mengolah sampah organik.

Untuk mempermudah memantau pengolahan sampah organik maggot yang saat ini masih dilakukan dengan cara manual dan akan memakan waktu yang cukup lama, penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan sebuah alat yang dapat memantau pengolahan sampah organik maggot menggunakan modul sensor suhu, sensor pH dan sensor berat yang kemudian terhubungan dengan NodeMCU ESP8266 yang berfungsi sebagai mikrokontroller yang akan mengolah lalu mengirimkan data tersebut untuk ditampilkan kepada pengguna melalui aplikasi.

Penelitian ini berhasil melakukan monitoring pengolahan sampah organik maggot berdasarkan suhu, pH dan berat dengan Tingkat error sensor suhu sebesar 1,32%, sensor pH sebesar 1,2%, dan sensor berat 2,9%. Hasil monitoring ini bisa menjadi acuan bagi para petugas untuk pengolahan sampah organik maggot agar tetap dalam kondisi yang baik.

Subjek

MONITORING
 

Katalog

Desain Sistem Monitoring Pengolahan Sampah Organik Maggot berbasis Internet of Things - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

YOURI MUHAMMAD
Perorangan
Sony Sumaryo, R Agus Ganda Permana
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Elektro
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • TUI4B4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini