Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Rekrutmen Pegawai Baru di PT Motekar Edukasi Indonesia Menggunakan Metode SCRUM dan SMART - Dalam bentuk buku karya ilmiah

RANTI TIKA GANTIKA

Informasi Dasar

24.04.1032
004.0688
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT Motekar Edukasi Indonesia, perusahaan di bidang jasa pelatihan dan bimbingan profesional, menghadapi tantangan dalam proses seleksi ini. Kepala HRD perusahaan mengalami kesulitan dalam merekomendasikan pegawai yang tepat, serta dalam pengambilan keputusan untuk menentukan karyawan yang memenuhi kriteria yang dibutuhkan. Pada tahun 2022 berjumlah 60 orang pelamar dan pada tahun 2023 mengalami peningkatan berjumlah 108 orang, sehingga HRD mengalami kesulitan dalam rekomendasi pelamar dengan melakukan seleksi dan perhitungan secara satu per satu menggunakan Microsoft Excel. Maka, Tugas Akhir ini bertujuan untuk merancang sistem pendukung Keputusan HRD dalam menentukan pelamar yang terbaik sesuai dengan kriteria atau spesifikasi yang telah ditetapkan.
Sistem pendukung keputusan dirancang dengan Scrum, dengan penentuan prioritas menggunakan SMART. Metode Scrum dimulai dari identifikasi Stakeholder dan kebutuhan pengguna hingga menerapkan tahapan Sprint. Pada Metode SMART mengintegrasikan nilai-nilai yang berasal dari sub-kriteria untuk setiap kandidat dari penggabungan nilai bobot dan penilaian terhadap setiap pelamar pada berbagai kriteria.
Dalam tahap pengujian sistem, didapatkan hasil yang akurat melalui perbandingan dengan perhitungan manual. Hasil pengujian oleh pengguna menunjukkan skor kepuasan sebesar 93,80%, bahwa sistem yang dirancang telah memenuhi kebutuhan pengguna. Berdasarkan sistem pendukung keputusan ini, diperoleh sebuah alternatif solusi yang mendukung proses seleksi di PT Motekar Edukasi Indonesia.
Mengimplementasikan sistem pendukung keputusan dalam lingkungan perusahaan memberikan berbagai manfaat penting, termasuk strukturisasi aliran data informasi, pengolahan data terpusat, pengelolaan data yang baik, proses seleksi secara lebih efektif, peningkatan dalam pengambilan keputusan, penyesuaian kualifikasi perekrutan, dan kapasitas penyimpanan yang aman dan fleksibel.

Subjek

SISTEM PENDUKUNG
 

Katalog

Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Rekrutmen Pegawai Baru di PT Motekar Edukasi Indonesia Menggunakan Metode SCRUM dan SMART - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RANTI TIKA GANTIKA
Perorangan
Amelia Kurniawati, Fahmy Habib Hasanudin
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • IEI3M3 - ANALISIS PERANCANGAN SISTEM INFORMASI DAN BASIS DATA
  • IEI4T3 - MANAJEMEN PENGETAHUAN
  • IEI4C2 - MANAJEMEN PROYEK INDUSTRI
  • IEI5E3 - REKAYASA KEBUTUHAN PENGGUNA
  • IEI3F2 - SISTEM MANAJEMEN ORGANISASI INDUSTRI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini