PERBAIKAN SISTEM LAYANAN UNTUK MENGURANGI WAKTU TUNGGU ANTRIAN DENGAN PENDEKATAN SIMULASI DISKRIT (STUDI KASUS: PT. PELNI CABANG SURABAYA)

MUCHAMMAD IMRON ROSYADI

Informasi Dasar

9 kali
24.79.026
001
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Transportasi laut sangat berperan penting untuk menghubungkan satu pulau dengan pulau lainnya sehingga pendistribusian barang maupun penumpang dari satu pulau ke pulau lainnya dapat berjalan lancar. Jumlah total keberangkatan penumpang pelayaran dalam negeri sebanyak 630.765 penumpang di tahun 2021 dan meningkat sebanyak 139% pada tahun 2022 menjadi 1.506.303 penumpang. Meningkatnya volume pengguna moda transportasi laut mengakibatkan tingginya permintaan tiket kapal untuk para calon penumpang kapal. Dalam hal ini, PT. Pelni merupakan salah satu perusahaan BUMN yang bergerak dibidang pelayanan penumpang dan logistik, juga melayani pembelian dan pembayaran tiket kapal. Banyaknya calon penumpang yang menggunakan kapal milik PT. Pelni tidak terakomodir dengan layanan ticketing atau pembelian on the spot karena kurangnya fasilitas pelayanan yang aktif tersedia sehingga menimbulkan penumpukan antrian yang dapat menghabiskan waktu berjam-jam dalam loket pembelian. Maka penelitian ini akan menggunakan pendekatan metode Simulasi Diskrit dengan menggunakan software ProModel untuk bermaksud mencari alternatif dan solusi dari permasalahan antrian yang terjadi. Dimana pada kondisi eksisting menghasilkan rata-rata utilitas sebesar 69.77%, setelah dilakukan perbaikan skenario 1 dengan menambah unit pemeriksaan kelengkapan dokumen mengalami penurunan sebanyak 10.14% menjadi 59.63%. Dari skenario 1 ke skenario 2 dengan menambah kapasitas ruang tunggu juga mengalami penurunan sebanyak 4.80% menjadi 54.83%. Dari skenario 2 ke skenario 3 dengan menambah teller aktif di loket 3 mengalami penurunan lagi sebanyak 6.50% menjadi 48.33%. Sehingga diketahui skenario 1 memberikan penurunan utilitas paling banyak dibanding skenario lainnya.

Kata Kunci: Pelayanan, Antrian, Simulasi, ProModel

Subjek

TEKNIK INDUSTRI
TA,

Katalog

PERBAIKAN SISTEM LAYANAN UNTUK MENGURANGI WAKTU TUNGGU ANTRIAN DENGAN PENDEKATAN SIMULASI DISKRIT (STUDI KASUS: PT. PELNI CABANG SURABAYA)
TA/FTEIC.04.2023/32 ROS p
78
INDONESIA

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 1.000
Tidak

Pengarang

MUCHAMMAD IMRON ROSYADI
Perorangan
Abduh Sayid Albana, S.T., M.T., M.Sc., Ph.D.
INDONESIA

Penerbit

TEL-U Surabaya
SURABAYA
2023

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini