USULAN RANCANGAN PROSES BISNIS PPDB PADA JALUR ZONASI MENGGUNAKAN METODE SERVICE BLUEPRINTN(STUDI KASUS: SMPN 1 SUKODONO)

THANIA HELMALIA AGUSTA

Informasi Dasar

41 kali
24.04.1264
001
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menerima peserta didik baru secara terbuka. Sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan dan memajukan pemerataan pendidikan di Indonesia. Sejak tahun 2018, Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan kebijakan zonasi. Dalam penelitian ini, proses jalur zonasi PPDB menjadi penekanan utama yang pada umumnya proses ini dilakukan pada sebuah halaman web untuk mempermudah pendaftaran. Namun pelayanan dan juga proses yang dirasa kurang optimal, maka tujuan dari penelitian ini adalah membantu mengoptimalkan proses pelayanan yang diberikan dengan menggunakan metode service blueprint dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, dan wawancara. Tujuan dari temuan penelitian ini adalah untuk membuat service blueprint pada proses PPDB jalur zonasi di Sekolah SMPN 1 Sukodono, yang akan berfungsi sebagai representasi visual dari tindakan yang dilakukan calon peserta didik dan pihak panitia PPDB. Menggunakan service blueprint dapat membantu manajemen PPDB dalam mengatur alur proses kerja yang dapat dimanfaatkan sesuai rekomendasi dalam kegiatan PPDB dan memberikan durasi waktu usulan yang lebih singkat, sehingga usulan ini mempermudah bagi calon peserta didik dan panitia PPDB dengan hasil efesien waktu penurunan sebanyak 27%. Selain itu, jika calon peserta didik sudah terbiasa dengan prosedur PPDB karena desain service blueprint yang dilakukan dalam penelitian ini, mereka didorong untuk bersabar dan mencari peluang di sekolah lain.

Kata kunci: Penerimaan Peserta Didik Baru, Jalur Zonasi, dan Service Blueprint

Subjek

TEKNIK INDUSTRI
TA,

Katalog

USULAN RANCANGAN PROSES BISNIS PPDB PADA JALUR ZONASI MENGGUNAKAN METODE SERVICE BLUEPRINTN(STUDI KASUS: SMPN 1 SUKODONO)
TA/FTEIC.04.2023/43 AGU u
60
INDONESIA

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 1.000
Tidak

Pengarang

THANIA HELMALIA AGUSTA
Perorangan
Dominggo Bayu Baskara, S.T., M.MT.., Perdana Suteja Putra, S.T., M.T.
INDONESIA

Penerbit

TEL-U Surabaya
SURABAYA
2023

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini