Di era yang berkembang saat ini, sistem informasi menjadi sarana yang
mendukung berbagai aktivitas pada perusahaan. Hal tersebut mendorong
perusahaan agar dapat mengikuti tren digital, salah satunya dengan pemanfaatan
sosial media untuk aktivitas pemasarannya. Kandatel Banyuwangi saat ini memiliki
berbagai program dalam mengembangkan bisnisnya, salah satunya yakni Sobat
Indihome Banyuwangi. Dalam mendukung program Sobat Indihome, Kandatel
Banyuwangi menggunakan beberapa media sosial yakni Instagram, Facebook, dan
TikTok untuk melakukan aktivitas Digital Marketingnya. Namun pada
penerapannya, Kandatel Banyuwangi belum memiliki strategi Digital Marketing
sehingga hal tersebut mempengaruhi pengurangan daya minat masyarakat
Banyuwangi terhadap produk maupun promo Indihome yang ditawarkan serta
terjadinya penurunan kepercayaan sebagai wadah penanganan keluhan pelanggan
Indihome. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil Postingan konten yang kurang
konsisten, kurang menarik, jangkauan yang kurang meluas, serta pengguna atau
followers yang kurang responsif. Pada permasalahan diatas, peneliti berinisiatif
melakukan perancangan strategi Digital Marketing pada Sobat Indihome
Banyuwangi menggunakan metode SOSTAC dan diperkuat dengan metode
SMART untuk menekankan pada strategi Digital Marketing dan strategi
komunikasi marketing. Dalam hal ini, metode penelitian kualitatif digunakan untuk
memperoleh informasi dari pihak internal perusahaan yang berkaitan dengan Sobat
Indihome Banyuwangi sehingga menghasilkan sebuah konsep strategi yakni terkait
content plan dan Moodboard Digital Marketing Sobat Indihome Banyuwangi agar
perusahaan dapat meningkatkan penjualan serta optimisasi penggunaan media
sosial berdasarkan strategi yang telah ditentukan. Sehingga peneliti mengangkat
judul “Perancangan strategi pemasaran digital dengan menggunakan metode
SOSTAC dan SMART terhadap Sobat Indihome Banyuwangi (Studi kasus PT.
Telkom Indonesia, Tbk. Kandatel Banyuwangi)”.
Kata Kunci: Digital Marketing, Metode SOSTAC, Metode SMART, Content Plan,
Moodboard Digital Marketing