ANALISIS IMPLEMENTASI MANAJEMEN LAYANAN TEKNOLOGI INFORMASI MENGGUNAKAN STANDAR ISO 20000:1 2018 STUDI KASUS: E-LEARNING ITTELKOM SURABAYA

SITI AMINAH

Informasi Dasar

278 kali
24.04.1284
001
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Sebagai pusat layanan teknologi dari ITTelkom Surabaya yang menyajikan layanan teknologi informasi E-learning. E-learning digunakan oleh dosen dan mahasiswa ITTelkom Surabaya. Menurut observasi yang dilakukan memerlukan manajemen layanan teknologi informasi berupa kegiatan dokumentasi lebih lanjut untuk perbaikan, ataupun pengembangan agar mendapatkan potensi sesuai standar. Penelitian ini berjudul “ Analisis Implementasi Manajemen Layanan Teknologi Informasi Menggunakan Standar ISO 20000:1 2018, Studi Kasus: E-Learning ITTelkom Surabaya”. Agar layanan E-learning berkualitas serta mencapai tujuan dari PUTI ITTelkom Surabaya, maka dibutuhkan manajemen layanan teknologi informasi (Information Technology Service Management (ITSM)) yang tepat. Salah satu framewok dari ITSM adalah ISO 20000. Sesuai dengan sasaran mutu dalam perkembangan PUTI ITTelkom Surabaya akan menerapkan standarisasi ISO 20000. Analisis Implementasi tata kelola manajemen layanan teknologi informasi menggunakan metode ISO 20000 melalui langkah-langkah metodologi penelitian yang dilakukan dan membuat analisis terhadap dokumentasi yang diperlukan serta memetakkan layanan E-learning. ITSM dalam suatu organisasi perlu mendefinisikan tujuan, kebijakan, menentukan proses dan menentukan tahapan-tahapan proses yang diperlukan. Penerapan ITSM ini diharapkan meningkatkan efektifitas pelayanan, pada dasarnya kegiatan manajemen layanan TI adalah penyelarasan antara layanan TI dan kebutuhan pengguna. Maka diperlukan Penerapan ITSM untuk meningkatkan layanan E-learning dengan standarisasi, salah satunya ISO 20000. Hasil dari kegiatan penelitian yang dilakukan berupa rekomendasi untuk kebutuhan perancangan dokumen untuk layanan E-learning guna mencapai standar ISO 20000:1 2018.

Kata Kunci: ITSM, ISO 20000, E-learning, Akademik, PUTI ITTelkom Surabaya.

Subjek

TEKNIK INDUSTRI
TA,

Katalog

ANALISIS IMPLEMENTASI MANAJEMEN LAYANAN TEKNOLOGI INFORMASI MENGGUNAKAN STANDAR ISO 20000:1 2018 STUDI KASUS: E-LEARNING ITTELKOM SURABAYA
TA/FTIB.08.2023/25 AMI a
143
INDONESIA

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 1.000
Tidak

Pengarang

SITI AMINAH
Perorangan
Yupit Sudianto, S.Kom., M.Kom., Aris Kusumawati, S.Kom., M.Kom
INDONESIA

Penerbit

TEL-U Surabaya
SURABAYA
2023

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini