Manusia sebagai makhluk sosial cerdas terus meningkatkan kemampuannya
untuk mempermudah setiap aktvitasnya. Pada era tahun 2000 merupakan
puncak kemajuan teknologi yang sangat pesat perkembangannya, dimana
era milenium bisa dikatakan sebagai era digital. Salah satu media sosial
yang sedang populer sekarang adalah Instagram. Kemudahan fitur media
sosial ini dimanfaatkan oleh Vacio, sebuah toko online yang menggunakan
media sosial Instagram dalam pemasaran produknya dengan nama akun
@vacio.store. Theory of Planned Behaviour sangat akurat untuk
mendeskripsikan niat seseorang terhadap perilaku tertentu. Niat individu
untuk berperilaku ditentukan oleh tiga konstruk yaitu; attitude toward
behaviour, subjective norm, dan percieved behavioural. Pada penelitian ini,
peneliti ingin mengetahui minat atau keinginan pembeli di @vacio.store
dalam memutuskan suatu tindakan untuk berbelanja online melalui fitur
Instagram yang digunakan. Hasil penelitian didapati bahwa 1 faktor latar
belakang dari konstruk attitude toward behavior, subjective norm, percieved
behavior control memiliki hubungan langsung dengan intention atau niat
untuk mengunjungi laman Instagram @vacio.store yakni faktor latar
belakang values and stereotypes, income dan intervention. Penerapan
konstrur theory of planned behavior dapat mempengerahui terbentuknya
perilaku individu berbelanja online @vacio.store melalui adopsi teknologi
yakni fitur-fitur yang dimiliki oleh aplikasi Instagram.
Kata Kunci: attitude toward behavior, subjective norm, percieved
behavior control, fitur aplikasi Instagram.