Perancangan Interior Inkubator Bisnis Kuliner di Kota Tasikmalaya dengan Pendekatan Visual Merchandising - Dalam bentuk buku karya ilmiah

SALSABILA ZASHIKA RIZKI

Informasi Dasar

340 kali
24.04.1321
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki kontribusi signifikan terhadap perekonomian Indonesia, terutama dalam penyediaan lapangan kerja dan peningkatan pendapatan nasional. Di Kota Tasikmalaya, sektor kuliner UMKM sedang mengalami pertumbuhan pesat dengan 1.056 pelaku usaha. Sayangnya, belum ada fasilitas fisik yang memadai untuk mendukung potensi tersebut. Lalu terdapat permasalahan yang dirasakan oleh para pelaku UMKM kuliner Tasikmalaya, utamanya pemasaran dan fasilitas. Perancangan ini berfokus pada pengembangan interior inkubator bisnis kuliner yang mendukung pertumbuhan UMKM kuliner Tasikmalaya. Analisis melalui wawancara, survei, dan studi literatur mengidentifikasi beberapa permasalahan interior, termasuk tata letak yang mempengaruhi daya beli konsumen, kurangnya fasilitas sesuai standar inkubator bisnis, dan masalah higienitas. Metodologi yang digunakan melibatkan studi banding, observasi, studi literatur, dan wawancara dengan narasumber. Berdasarkan hasil analisis, pendekatan visual merchandising ditetapkan sebagai solusi, khususnya atas masalah pemasaran. Visual merchandising dengan menggunakan parameter dapat meningkatkan daya beli konsumen sekaligus menciptakan pengalaman ruang yang positif dan efisien. Tujuan dari perancangan adalah untuk menyelesaikan tantangan lokal yang telah teridentifikasi. Melalui pembaruan ini, inkubator diharapkan mampu meningkatkan pemasaran produk UMKM kuliner di Kota Tasikmalaya, membantu pengembangan usaha, dan menyediakan fasilitas yang mendukung efisiensi operasional serta inovasi produk. Selain itu, perancangan ini diharapkan menjadi model rekomendasi katalisator guna mendukung pertumbuhan UMKM kuliner skala nasional.
Kata kunci: Interior, Inkubator Bisnis, UMKM Kuliner, Visual Merchandising.
 
 

Subjek

DESAIN INTERIOR
 

Katalog

Perancangan Interior Inkubator Bisnis Kuliner di Kota Tasikmalaya dengan Pendekatan Visual Merchandising - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SALSABILA ZASHIKA RIZKI
Perorangan
Titihan Sarihati, Erlana Adli Wismoyo
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Desain Interior
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • DCI4E6 - TUGAS AKHIR/SKRIPSI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini