Pariwisata saat ini sedang dikembangkan oleh pemerintah, dianggap memiliki peran yang sangat penting dalam pembangunan Indonesia, terutama sebagai salah satu sektor pendapatan daerah dan negara. Indonesia memiliki banyak pariwisata yang bisa dikunjungi salah satu contoh daerah yang memiliki potensi menjadi tujuan wisata karena kekayaan budayanya yang beragam adalah Yogyakarta. Permasalahan yang dihadapi oleh dinas pariwisata DIY adalah kesulitan dalam menganalisis perspektif ulasan wisata. Ada lima akar masalah maka yang dipilih menjadi alternatif solusinya adalah keterbatasan dalam mengembangkan budaya lokal, jumlah wisatawan yang mengunjungi destinasi pariwisata sedikit, kurangnya analisis dari perspektif pengunjung terhadap pariwisata di DIY, masih ada destinasi wisata yang belum terdaftar, dan belum adanya sistem yang mendukung analisis sentimen wisatawan. Tujuan Tugas Akhir ini adalah merancang dashboard yang dapat menampilkan hasil analisis sentimen ulasan pengunjung pada tempat wisata Yogyakarta. Manfaat Tugas Akhir ini adalah memudahkan dalam memahami sudut pandang wisatawan terhadap sektor pariwisata dan memberikan data tentang analisis sentimen dari ulasan wisatawan. Perancangan dashboard dibuat dengan menggunakan metode scrum. Sistem yang telah dirancang kemudian dilakukan proses verifikasi menggunakan black box testing dan proses validasi menggunakan metode User Acceptance Test (UAT) ISO 25010. Hasil dari Tugas Akhir ini adalah dashboard untuk menampilkan hasil analisis dari ulasan pengunjung di Daerah Istimewa Yogyakarta.