Pada awal abad ke-19, di Eropa dan Amerika Serikat, sistem informasi manajemen telah dikembangkan di rumah sakit dan klinik dalam rangka mendukung pelayanan kesehatan selama beberapa dekade hingga sekarang. Akibatnya, ini membawa kompleksitas dan ketelitian yang membuat pasien merasa tidak puas, yang membutuhkan penerapan tata kelola TI di seluruh dunia. Setelah beberapa tahun, ternyata ada beberapa masalah yang dihadapi secara khusus oleh RS XYZ Gresik. Dengan demikian, beberapa aspek perlu ditingkatkan untuk mencapai visi misi menuju tujuan utama. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk membantu RS XYZ Gresik dalam melakukan perbaikan dari segi tata kelola TI menggunakan
framework HISMM sehingga perencanaan strategis oleh organisasi dapat selaras. HISMM digunakan untuk mengembangkan dokumentasi dan pedoman berdasarkan prinsip-prinsip tata kelola yang baik dalam industri kesehatan. Ini diakui secara luas sebagai kerangka kerja yang mampu mendukung auditor, manajemen, dan pengguna untuk menjembatani kesenjangan antara risiko bisnis, persyaratan kontrol, dan masalah dengan masalah teknis.
Kata Kunci: COBIT ITG,
IT Governance Audit,
Hospital management system