Jakarta Barat merupakan kota metropolitan yang berperan besar dalam bidang perdagangan dan bisnis sehingga kota ini sering didatangi oleh masyarakat dari berbagai daerah hingga negara dengan keperluan bisnis, dengan jumlah kunjungan mencapai 121.438 kunjungan (Badan Statistika Jakarta, 2022). Hal ini mengakibatkan tingginya kebutuhan terhadap hotel bisnis yang tidak hanya berkaitan dengan kebutuhan atas daya tampung hotel, namun juga terhadap fasilitas hotel yang dapat dipengaruhi oleh keanekaragaman latar belakang pengunjung (Inskeep, 1991). Dalam laporan ini, analisis terhadap permasalahan menggunakan pendekatan brand identity dengan brand hotel yang diusung yaitu Aloft Hotel yang merupakan hotel bisnis dengan identitas hotel yang customer-oriented. Tujuan dari perancangan ini adalah untuk menciptakan dan memfasilitasi pengunjung sebuah tempat peristirahatan yang berkelas bintang 4 dengan desain yang menunjang kebutuhan aktivitas pengunjung bisnis dan memberikan perancangan fasilitas baru yang didasarkan oleh karakter pengunjung.
Kata kunci : Aloft Hotel, Hotel Bisnis, Karakteristik Pengunjung, Brand Identity