Perancangan laman untuk Klinik Kemasan Kabupaten Bandung bertujuan untuk menjawab kebutuhan yang semakin meningkat akan digitalisasi layanan pemerintah, dengan menyediakan platform yang efisien dan mudah diakses bagi Industri Kecil dan Menengah (IKM). Perancangan ini didorong oleh tiadanya laman Klinik Kemasan sehingga menyebabkan IKM kesulitan untuk mengakses layanan yang ditawarkan oleh Klinik Kemasan, yang mencakup konsultasi kemasan, Sertifikasi Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (SPP-IRT), sertifikasi halal, informasi nilai gizi, dan pendaftaran Hak Kekayaan Intelektual (HKI). Dengan menggunakan pendekatan User Centered Design (UCD), laman ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan dan preferensi spesifik penggunanya, memastikan antarmuka yang ramah pengguna dan fungsi yang efektif. Wawasan yang dikumpulkan dari wawancara dengan para pemangku kepentingan seperti pejabat Disperdagin, staf Klinik Kemasan, desainer UI web, dan mitra IKM menekankan pentingnya platform digital ini dalam mengatasi tantangan operasional seperti hambatan geografis dan akses informasi yang terbatas. Laman yang diusulkan ini menampilkan deskripsi layanan yang komprehensif, formulir aplikasi online, materi edukasi dengan desain responsif yang dapat diakses di berbagai perangkat. Inisiatif ini tidak hanya meningkatkan proses penyampaian layanan tetapi juga memperkuat daya saing produk IKM di pasar lokal dan internasional. Laman Klinik Kemasan diharapkan dapat menjadi sumber daya yang penting dalam mendukung pertumbuhan dan pengembangan industri kecil dan menengah di Kabupaten Bandung.
Kata Kunci: Desain Laman, Klinik Kemasan, IKM Kabupaten Bandung