Perkembangan teknologi informasi saat ini telah mengubah cara masyarakat dalam mengakses informasi dan mengikuti proses pembelajaran. Website menjadi salah satu media utama yang digunakan untuk mengantarkan informasi dan materi pendidikan. Hal ini mendorong banyak lembaga pendidikan untuk mengembangkan website dengan berbagai fitur, termasuk e-learning. Salah satu perusahaan di bidang pendidikan, Edspert.id, belum menerapkan sistem e-learning pada website. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk merancang desain user interface website e-learning Edspert.id dengan menggunakan metode pendekatan kansei engineering dan design thinking. Penelitian ini menggabungkan pendekatan kansei engineering, yang berfokus pada pemahaman tentang perasaan pengguna terhadap produk untuk menjadi elemen desain, dengan framework design thinking yang berpusat pada pengguna. Melalui focus group discussion bersama sepuluh pengguna dan wawancara dengan dua team product, penulis mengidentifikasi atribut desain yang diinginkan pengguna, kemudian menerjemahkannya ke dalam prototype yang dapat diuji secara iteratif, mengikuti lima tahap design thinking: empathize, define, ideate, prototype, dan test. Penelitian ini menghasilkan dua konsep desain user interface yang berbeda. Kedua konsep tersebut kemudian diuji dengan menggunakan system usability scale (SUS) dan performance metrics untuk mengukur tingkat kegunaan dan efektivitasnya. Hasil pengujian menunjukkan bahwa desain user interface konsep satu memiliki nilai system usability scale (SUS) sebesar 76,3 dan nilai performance metrics yang efficient sebesar 32,4 detik untuk skenario satu dan 15,4 detik juga memiliki jumlah error tujuh untukkedua skenario. Hal ini menunjukkan bahwa desain user interface konsep satu lebih mudah digunakan dan dapat memenuhi kebutuhan pengguna dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa metode kansei engineering dan design thinking dapat digunakan secara efektif untuk merancang desain user interface website e-learning yang mudah digunakan dan memenuhi kebutuhan pengguna.
Kata kunci - E-learning, User Interface, Kansei Engineering, Design Thinking, System Usability Scale