IMPLEMENTASI DEEP LEARNING UNTUK ANALISIS SENTIMEN MULTI-LABEL MENGENAI PEMILU PRESIDEN 2024 PADA SOSIAL MEDIA YOUTUBE - Dalam bentuk buku karya ilmiah

AHMAD NAHID MA'ALY

Informasi Dasar

341 kali
24.04.1682
006.3
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pemilihan Presiden adalah peristiwa politik penting yang sering memicu perdebatan yang intens. Dengan lebih dari 139 juta pengguna, YouTube menjadi salah satu media sosial yang dapat digunakan untuk memahami opini publik melalui analisis sentimen. Penelitian ini bertujuan mengimplementasikan deep learning untuk analisis sentimen multi-label terhadap komentar pada video YouTube terkait pemilihan Presiden Indonesia 2024. Analisis sentimen dilakukan dengan mengklasifikasikan komentar ke dalam delapan label emosi yaitu; anger, anticipation, disgust, joy, fear, sadness, surprise, dan trust. Metode CRISP-DM diterapkan dalam penelitian ini dengan tahapan business understanding, data understanding, data preparation, modeling, evaluation, dan deployment, dengan memastikan pendekatan yang sistematis dan komprehensif. Penelitian ini berfokus pada dataset komentar debat calon Presiden yang berasal dari kanal KPU dan Najwa Shihab, dengan menggunakan tiga model deep learning yaitu; Convolutional Neural Network (CNN), Bidirectional Long Short-Term Memory (Bi-LSTM), dan kombinasi CNN dan Bi-LSTM. Dataset terdiri dari 32.000 komentar yang dikumpulkan melalui YouTube data API. Model CNN, Bi-LSTM dan CNN Bi-LSTM dievaluasi menggunakan confusion matrix, AUC, dan hamming loss. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa model Bi-LSTM memiliki akurasi tertinggi dengan nilai AUC sebesar 0,91 dan hamming loss sebesar 0,08, mengindikasikan kemampuan yang sangat baik dalam mengklasifikasikan sentimen dengan presisi tinggi dan tingkat kesalahan yang rendah. Penelitian ini memberikan wawasan untuk strategi kampanye politik dan berkontribusi pada proses natural language processing dan data mining dengan menangani tantangan analisis sentimen multi-label.
 

Subjek

DEEP LEARNING
 

Katalog

IMPLEMENTASI DEEP LEARNING UNTUK ANALISIS SENTIMEN MULTI-LABEL MENGENAI PEMILU PRESIDEN 2024 PADA SOSIAL MEDIA YOUTUBE - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
xvi, 111p.:il.: pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AHMAD NAHID MA'ALY
Perorangan
Dita Pramesti, Hanif Fakhrurroja
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Sistem Informasi
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • ISI4H3 - ANALITIKA DATA
  • ISH4F3 - BIG DATA ANALITIK

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini