Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah lingkungan yang menjadi perhatian global, khususnya di Indonesia. Salah satu penyebab utama kerusakan lingkungan yang sangat mengkhawatirkan adalah sampah. Kurangnya kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam menangani masalah ini mendorong Pandawara Group untuk merancang strategi komunikasi dalam menjalankan gerakan #onedayonetrashbag guna mengurangi sampah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi Pandawara Group dalam gerakan #onedayonetrashbag. Peneliti menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi deskriptif. Model perencanaan strategi komunikasi yang digunakan adalah model lima langkah Cangara, yaitu: 1) Tahap Penelitian, yang melibatkan pemahaman latar belakang gerakan #onedayonetrashbag, 2) Tahap Perencanaan, yang mencakup perencanaan komunikasi seperti program yang akan dilaksanakan, menetapkan tujuan, menentukan khalayak, pesan yang disampaikan, dan media yang digunakan, 3) Tahap Pelaksanaan, yang melibatkan implementasi sosialisasi di media sosial dan penyuluhan offline. 4) Tahap Evaluasi, yang dilakukan secara internal dan eksternal. 5) Tahap Pelaporan, yang melibatkan pelaporan kepada pemerintah dan masyarakat setempat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi yang dilakukan oleh Pandawara Group dalam gerakan #onedayonetrashbag telah berhasil.