Dunia usaha saling terhubung dengan lingkungan eksternalnya, meliputi lingkungan hidup dan masyarakat lokal. Oleh karena itu, Corporate Social Responsibility (CSR) lebih dari sekedar mengungkapkan laporan keuangan saja melainkan mengenai pelaporan tanggung jawab sosial perusahaan. Namun pada kenyataannya pengungkapan CSR masih tergolong rendah dan belum sepenuhnya diungkapkan. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi pengungkapan CSR diantaranya yaitu slack resources, gender diversity, dan media exposure.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis slack resources, gender diversity, dan media exposure terhadap pengungkapan CSR secara simultan dan parsial pada perusahaan sektor barang baku yang terdaftar di BEI tahun 2018-2022.
Metode penentuan sampel menggunakan purposive sampling dan diperoleh 11 perusahaan dengan periode pengamatan 5 tahun sehingga diperoleh 55 data sampel. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi data panel dengan menggunakan software Eviews 12.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa slack resources, gender diversity, dan media exposure berpengaruh secara simultan terhadap pengungkapan CSR. Secara parsial slack resources berpengaruh positif terhadap pengungkapan CSR. Sedangkan gender diversity, dan media exposure tidak berpengaruh terhadap pengungkapan CSR.
Berdasarkan hasil penelitian, disarankan untuk peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian kembali dengan menggunakan objek yang berbeda, tahun penelitian yang berbeda, serta menambahkan variabel lain untuk diuji. Bagi perusahaan diharapkan lebih mengoptimalkan pengungkapan CSR pada sustainability report yang merupakan kewajiban perusahaan dalam menjalankan tanggung jawabnya sesuai dengan peraturan yang berlaku.
Kata kunci: gender diversity, media exposure, pengungkapan corporate social responsibility, slack resources