Perekonomian Indonesia ditopang oleh berbagai sektor, salah satu yang memiliki peran penting adalah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). UMKM di Indonesia merupakan tulang punggung ekonomi dengan kontribusi yang signifikan terhadap pertumbuhan dan stabilitas perekonomian negara. Pemerintah Indonesia menyadari pentingnya peran UMKM dalam perekonomian di Indonesia ini. Dalam industri cafe yang semakin kompetitif, menjaga loyalitas pelanggan menjadi hal yang sangat penting bagi keberhasilan bisnis. salah satu strategi yang dapat digunakan adalah dengan melibatkan atau memanfaatkan Key Opinion Leader (KOL) melakukan analisis mendalam terhadap bagaimana gambaran Key Opinion Leader (KOL) dan loyalitas pelanggan di Cafe Taman Utara pada tahun 2023. Penulis akan mengidentifikasi karakteristik serta peran keberhasilan strategi KOL, serta mengevaluasi dampaknya terhadap persepsi dan perilaku pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk meninjau key opinion leader dan loyalitas Pelanggan pada café Taman Utara tahun 2023.
Kunci : Key Opinion Leader, Loyalitas Pelanggan, Konten