Penelitian ini membahas terkait modul yang digunakan dalam kegiatan praktikum mata kuliah Front Office pada program studi D3 Perhotelan Telkom University. Modul pembelajaran merupakan media yang dikemas secara sistematis dan khusus berdasarkan kurikulum tertentu, materi dalam modul didesain untuk membantu mahasiswa menguasai tujuan pembelajaran dan meningkatkan efisiensi serta efektivitas pembelajaran yang dikemas menjadi unit pembelajaran terkecil yang dapat digunakan secara mandiri untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan (Jusuf dan Sobari, 2021). Modul Praktikum Front Office untuk program studi D3 Perhotelan Telkom University ini dirancang untuk memberikan pemahaman dan keterampilan praktis kepada mahasiswa dalam mengelola operasi Front Office di industri perhotelan. Modul ini mencakup konsep dasar Front Office Departement, reservasi, serta penggunaan perangkat lunak manajemen hotel (sistem hotel). Metode pembelajaran yang digunakan mencakup kuliah interaktif, diskusi kelompok, simulasi kasus, dan praktik langsung di lingkungan laboratorium Front Office D3 Perhotelan. Pada modul ini membahas terkait menangani reservasi serta beberapa tahapan praktikum dan materi mulai dari peraturan yang perlu mahasiswa ikuti dalam pelaksanaan praktikum, materi menangani reservasi hotel, pembayaran reservasi, tahapan menangani reservasi melalui sistem hotel, serta parameter penilaian mulai dari Multiple Choice, True or False, Essay dan Reservation by Phone Checklist. Lewat modul ini diharapkan akan membantu mahasiswa dalam mempersiapkan diri untuk menghadapi tantangan di dunia kerja industri perhotelan yang terus mengalami perubahan serta inovasi dalam mempermudah tamu melakukan reservasi, Check-in dan Check-out, hasil evaluasi dan umpan balik dari mahasiswa serta pembaruan konten modul akan terus diperhatikan untuk meningkatkan kualitas dan relevansi modul praktikum ini.
Kata kunci: Modul Praktikum, Reservasi, Perhotelan, Sistem Hotel.