Instagram saat ini menduduki posisi puncak sebagai platform yang paling
banyak digunakan oleh pengguna di seluruh dunia. Penggunaan media sosial
cenderung dilakukan untuk mengikuti gaya hidup terbaru. Dalam konteks gaya
hidup, Dr. Tirta menyebutkan tren penurunan berat badan juga menjadi salah satu
gaya hidup di media sosial. Herbalife menjadi salah satu perusahaan yang
memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan produk diet herbal mereka.
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur besar pengaruh iklan Herbalife di Media
Sosial Instagram @herbalifeindonesiaofficial dalam menurunkan berat badan. Data
primer dalam penelitian ini didapatkan melalui penyebaran kuisioner yang
dilakukan secara online kepada 400 responden yang mengikuti akun resmi
Instagram @herbalifeindonesiaofficial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
terdapat dua faktor dominan iklan Herbalife di media sosial Instagram
@herbalifeindonesiaofficial. Faktor pertama dinamakan isi pesan konten iklan
dengan % of variance sebesar 21.621%, dan faktor kedua dinamakan tampilan
konten iklan dengan % of variance sebesar 14.084%.