Abstrak:
Rumah sakit merupakan tempat yang dapat dikunjungi oleh setiap kalangan saat masyarakat memerlukan pertolongan medis. Setiap rumah sakit memiliki dua jenis pelayanan yaitu secara medis dan penunjang non medis. Layanan rumah sakit yang selalu ada 24 jam setiap hari adalah layanan Instalasi Gawat Darurat (IGD). Rumah sakit yang identik dengan pekerja kesehatan yang dapat membantu dalam proses penyembuhan medis juga mempunyai pekerja yang membantu pengoperasian pelayanan rumah sakit supaya rumah sakit menjadi tempat yang lebih baik lagi dalam melakukan pelayanan kepada pasien dan meningkatkan kualitas rumah sakit. Pada perancangan rumah sakit ini tujuan yang ingin dicapai adalah merancang IGD dan perkantoran Rumah Sakit Panti Wilasa Dr.Cipto sesuai dengan standar yang berlaku terhadap rumah sakit dan perkantoran karena pada saat survey ditemukan belum terpenuhinya standar rumah sakit pada IGD dan standar pada perkantoran di rumah sakit ini. Untuk itu pendekatan yang dipakai dalam perancangan ini adalah user centered design.
Kata kunci: perancangan ulang, IGD, perkantoran, user centered design