Pada era kemajuan teknologi, manusia dapat melakukan pertukaran informasi dengan cepat, meskipun terpisahkan jarak. Internet, sebagai salah satu hasil dari perkembangan teknologi informasi, telah menjadi gudang data dan informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat dari berbagai bidang, termasuk bisnis. Penggunaan Website sebagai media pemasaran, penjualan, dan pelayanan pada bisnis menjadi semakin populer karena biaya yang murah, kemudahan akses, dan efisiensi waktu. Berdasarkan data dari Direktorat Statistik Keuangan (2022), 66,48 persen penduduk Indonesia telah mengakses internet pada tahun 2022, mencerminkan keterbukaan informasi dan penerimaan masyarakat terhadap teknologi. Namun, dengan meningkatnya pengguna internet, persaingan bisnis, terutama di industri Food & Beverages, semakin ketat, khususnya untuk Kedai Kopi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembayaran berbasis web pada sistem e-commerce untuk Kedai Kopi Rasa Kopi. Modul ini dirancang menggunakan metode iterative incremental guna memastikan setiap iterasi menghasilkan peningkatan yang signifikan dalam hal fungsionalitas dan kepuasan. Peningkatan fitur dalam pengembangan sistem ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas interaksi dengan customer serta mengoptimalkan manajemen pembayaran.
Hasil pengujian menunjukkan bahwa nilai System Usability Scale (SUS) pada iterasi pertama adalah 73,5. Setelah implementasi iterasi kedua, nilai SUS meningkat menjadi 89,5, yang berarti terdapat peningkatan sekitar 21,69% dalam tingkat kepuasan pengguna terhadap sistem. Sistem pembayaran yang dikembangkan mampu meningkatkan efisiensi transaksi, mengurangi antrian di kasir, dan secara keseluruhan meningkatkan pengalaman customer.