Pengaruh Brand Equity terhadap Purchase Intention Produk SCARLETT - Dalam bentuk buku karya ilmiah

YOVIARA ZAHRAH KINANTHI

Informasi Dasar

133 kali
24.04.3326
658.827
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Industri kecantikan khususnya pada produk perawatan kulit, mengalami pertumbuhan yang pesat di Indonesia. Merek lokal seperti SCARLETT berhasil merebut hati konsumen dengan strategi pemasaran yang efektif dan inovatif. Keberhasilan ini tidak lepas dari upaya membangun brand equity yang kuat. Brand   equity, sebagai aset berharga bagi suatu merek. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap sejauh mana komponen brand  equity tersebut mempengaruhi keputusan pembelian konsumen terhadap produk SCARLETT, khususnya setelah mengalami penurunan penjualan di akhir tahun 2023.
Brand  equity adalah persepsi positif konsumen terhadap suatu merek. Elemen-elemennya meliputi: seberapa sering merek diingat (awareness), asosiasi dengan atribut tertentu (association), tingkat kesetiaan (loyalty), dan persepsi kualitas (quality). Penelitian ini mengukur dampak elemen-elemen tersebut terhadap niat pembelian (purchase intention) produk SCARLETT.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei data yang dikumpulkan menggunakan penyebaran kuesioner untuk mengumpulkan data dari 100 responden yang aktif menggunakan produk SCARLETT. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan software SPSS 26. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara brand equity dan purchase intention.Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan Uji asumsi klasik, Analisis Regresi Linier Berganda dan Uji T.
Secara spesifik, brand awareness terbukti memiliki pengaruh kecil namun signifikan terhadap purchase intention. Dan brand  assosiation, brand  loyalty dan perceived quality terbukti memiliki pengaruh besar dan signifikan terhadap purchase intention.  Semakin tinggi kesadaran konsumen terhadap merek SCARLETT, semakin besar kemungkinan mereka akan memilih produk tersebut. Selain itu, persepsi kualitas yang tinggi dan loyalitas merek yang kuat juga menjadi faktor penting dalam mendorong minat beli.
Adapun saran yang dapat diberikan, berdasarkan hasil penelitian yang menunjukkan peningkatan brand association, loyalty, dan perceived quality, SCARLETT disarankan untuk fokus meningkatkan 3 komponen tersebut melalui promosi diskon, memberikan promo bundling, kolaborasi dengan influencer, dan peningkatan kualitas produk. Dengan strategi ini, diharapkan purchase intention konsumen akan meningkat.
 

Subjek

BRAND EQUITY
 

Katalog

Pengaruh Brand Equity terhadap Purchase Intention Produk SCARLETT - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
xiii,99p.:il,;pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

YOVIARA ZAHRAH KINANTHI
Perorangan
Adhi Prasetio
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika)
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • SM892016 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini