Penelitian ini mengeksplorasi peran Hubungan Masyarakat (Humas) Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Indonesia sebagai pemenang Gold Winner Lembaga Hubungan Masyarakat Terbaik pada tahun 2023. Melalui metode pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini menggunakan wawancara dan observasi untuk melihat apa saja peran Humas sebagai pemenang Lembaga kehumasan terbaik. Narasumber penelitian terdiri dari informan kunci, informan ahli dan informan pendukung sebagai penguat dasar pada penelitian ini. Hasil penelitian didapatkan 5 peran Humas atau disebut dengan program PR BPOM mencakup publikasi informasi publik dan kinerja BPOM, orkestrasi agenda setting, pelayanan informasi kepada media, strategi komunikasi kehumasan, dan program tangkis hoax. Penelitian ini menghubungkan peran-peran tersebut dengan konsep peran Humas menurut Dozier & Broom serta Excellence Theory menurut Grunig. Temuan penelitian menunjukkan bahwa implementasi peran-peran tersebut oleh Humas BPOM konsisten dengan teori-teori yang disebutkan, yang mendorong pencapaian status Gold Winner sebagai lembaga hubungan masyarakat terbaik. Kata Kunci: Gold Winner Lembaga Humas Terbaik, Hubungan Masyarakat, Peran Humas.