PENGARUH GREENWASHING PERCEPTION TERHADAP GREEN PURCHASE INTENTION PRODUK KEMASAN RAMAH LINGKUNGAN PADA KONSUMEN MUSLIM INDONESIA YANG DIMEDIASI OLEH GREEN CONCERN DAN DIMODERASI OLEH RELIGIOSITY - Dalam bentuk buku karya ilmiah

SEPTI PUTRI HENDARTO

Informasi Dasar

196 kali
24.05.331
000
Karya Ilmiah - Thesis (S2) - Reference

Di samping banyaknya klaim inisiatif ramah lingkungan perusahaan, dampaknya

terhadap lingkungan belum signifikan. Konsumen mulai mempersepsikan adanya

praktik greenwashing pada produk ramah lingkungan. Dengan menggunakan

paradigma C-A-B, penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh persepsi

greenwashing terhadap niat beli produk kemasan ramah lingkungan, dengan peran

green concern sebagai mediator dan religiusitas sebagai pemoderasi hubungan.

Sampel yang digunakan adalah konsumen produk kemasan ramah lingkungan dari

berbagai jenis produk yang berjumlah 280 responden. Metode pengambilan sampel

dalam penelitian ini adalah non probability sampling dengan menggunakan jenis

purposive sampling dengan tujuan untuk mendapatkan sampel yang representatif

sesuai dengan kriteria yang ditentukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa

persepsi greenwashing konsumen tidak hanya memiliki dampak negatif secara

langsung terhadap niat beli hijau, tetapi juga memiliki pengaruh negatif secara tidak

langsung dengan mediasi parsial melalui green concern. Namun, religiusitas

terbukti secara empiris tidak dapat memperkuat hubungan negatif antara persepsi

greenwashing dan niat beli hijau. Oleh karena itu, penelitian ini menyarankan agar

perusahaan menyampaikan informasi dan menerapkan strategi hijau yang benar dan

bukan praktik greenwashing. Selain itu, pemerintah sebagai pembuat kebijakan

harus terlibat secara mendalam dalam mempromosikan pengembangan pasar hijau

di Indonesia.

Subjek

BUSINESS MARKETING
 

Katalog

PENGARUH GREENWASHING PERCEPTION TERHADAP GREEN PURCHASE INTENTION PRODUK KEMASAN RAMAH LINGKUNGAN PADA KONSUMEN MUSLIM INDONESIA YANG DIMEDIASI OLEH GREEN CONCERN DAN DIMODERASI OLEH RELIGIOSITY - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
xii,120p.:il,;pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SEPTI PUTRI HENDARTO
Perorangan
Mahir Pradana, R. Nurafni Rubiyanti
 

Penerbit

Universitas Telkom, S2 Administrasi Bisnis
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • KBI6B3 - BISNIS GLOBAL DAN STRATEGIS PERUSAHAAN

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini