Penelitian ini ditujukan untuk menganalisis Model Perencanaan komunikasi oleh
Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kota Jambi melalui Media Sosial Instagram
@bujanggadiskotajambi dengan bujang gadis kota jambi yang merupakan duta wisata
kota jambi sebagai promotor dan aktor dari konten di sosial media instagram tersebut
dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi melalui media sosial
Disparbud menggunakan Instagram dengan duta wisata sebagai promotor yaitu bujang
gadis dengan akun bernama @bujanggadiskotajambi Akan tetapi, berdasarkan hasil
analisis peneliti melalui sosial media instagram @bujanggadiskotajambi tahapan
promosi melalui sosial media instagram masih belum maksimal penerapan nya seperti
konten yang di up hanya saat event. Permasalahan tersebut membuat peneliti tertarik
untuk melakukan penelitian Metode Penelitian yang digunakan yaitu kualitatif
deskriptif, hasil penelitian didapatkan bahwa dalam mempromosikan budaya dan wisata
Kota Jambi melalui Instagram menggunakan model perencanaan komunikasi yaitu
penelitian, perencanaan, pelaksanaan pengukuran dan pelaporan.
Kata Kunci : Model Perencanaan, Instagram, Promosi