Abstrak
Kurangnya pemanfaatan Instagram sebagai media sosial yang efektif dan
engagement yang rendah menunjukkan rendahnya
social commerce intention dan
use behaviour orang tua untuk terlibat dengan aktivitas online di Instagram sekolah. Dari
google review, di antara lima sekolah internasional di Tangerang Selatan, terlihat minimnya jumlah
review,
negative review, dan
rating satu yang menunjukkan rendahnya
relationship quality orang tua terhadap sekolah. Karena orang tua yang memiliki
relationship quality yang baik cenderung memberikan
recommendation dan
referral berupa
emotional support atau
informational support. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh
social commerce constructs,
social support, dan
relationship quality terhadap
social commerce intention dan
use behaviour orang tua untuk terlibat dengan Instagram sekolah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan responden orang tua yang memiliki anak TK, SD, SMP di Tangerang selatan. Dari hasil penyebaran kuesioner, diperoleh 442 responden, namun yang valid 338 responden. Sampling dalam penelitian ini menggunakan
purposive sampling dan
structural equation model untuk menguji enam hipotesis menggunakan PLS-SEM 4.0. Hasil dari penelitian ini menunjukkan
social commerce construcs berpengaruh terhadap
relationship quality dan
social commerce intention.
Social support dari teman dan keluarga berpengaruh terhadap
relationship quality dan
social commerce intention.
Relationship quality berpengaruh terhadap
social commerce intention, dan
social commerce intention berpengaruh terhadap
use behaviour.
Kata Kunci- Social Commerce Constructs, Relationship Quality, Social Support, Social Commerce Intention, Use Behaviour