Pengaruh Customer Participation terhadap Repurchase Intention dengan Online Brand Community Trust dan Positive eWOM sebagai Variabel Intervening di BeautyHaul - Dalam bentuk buku karya ilmiah

KHAIRUNNISA HANDINI PROFITYAS

Informasi Dasar

118 kali
24.05.371
000
Karya Ilmiah - Thesis (S2) - Reference

Perkembangan teknologi e-commerce berkembang pesat pada industri kecantikan dan personal care di Indonesia. BeautyHaul, e-commerce personal care pertama di Indonesia, berupaya memperkuat hubungan dengan pelanggan dan meningkatkan loyalitas pelanggan melalui customer participation dalam online brand community dan penciptaan tren ulasan melalui media sosial (eWOM), dengan harapan dapat meningkatkan repurchase intention.
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan mengenai strategi digital marketing BeautyHaul untuk meningkatkan repurchase intention pelanggan melalui variabel customer participation, online brand community trust dan positive electronic Word of Mouth. Hasil penelitian ini bermanfaat untuk memberikan wawasan bagi perkembangan pembelajaran serta dapat dimanfaatkan dalam menyusun strategi perusahaan di masa mendatang
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif menggunakan instrumen kuesioner kepada 385 responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah non-probability sampling dengan jenis purposive sampling. Responden penelitian ini adalah member BeautyHaul Indonesia yang telah melakukan transaksi pembelian minimal 2 kali. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik multivariat dependen Partial Least Squares Structural Equation Modelling (PLS-SEM) menggunakan software SmartPLS 4.0.
Hasil pengujian statistik menunjukkan bahwa (1) customer participation berpengaruh positif dan signifikan terhadap online brand community trust, positive eWOM dan repurchase intention pada BeautyHaul, (2) online brand community trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap positive eWOM dan repurchase intention pada BeautyHaul, (3) positive eWOM berpengaruh positif dan signifikan terhadap repurchase intention pada BeautyHaul, (4) customer participation berpengaruh positif dan signifikan terhadap repurchase intention BeautyHaul melalui online brand community trust, (5) customer participation berpengaruh positif dan signifikan terhadap repurchase intention BeautyHaul melalui positive eWOM, (6) online brand community trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap repurchase intention melalui positive eWOM, (7) customer participation berpengaruh positif dan signifikan terhadap repurchase intention melalui online brand community trust dan positive eWOM. Hasil analisis menunjukkan bahwa hubungan langsung customer participation memiliki pengaruh terbesar dalam meningkatkan repurchase intention pelanggan BeautyHaul.
Dengan demikian, Penulis menyarankan agar perusahaan dapat lebih memfasilitasi keterlibatan pelanggan dalam interaksi dengan BeautyHaul melalui berbagai kegiatan, customer experience dan feedback pelanggan. Dengan demikian, BeautyHaul dapat memperkuat hubungan jangka panjang dengan basis pelanggan dan meningkatkan loyalitas melalui repurchase intention pelanggan.
 
Kata Kunci:  e-commerce, customer participation, online brand community, eWOM, repurchase intention.

Subjek

DIGITAL MARKETING
 

Katalog

Pengaruh Customer Participation terhadap Repurchase Intention dengan Online Brand Community Trust dan Positive eWOM sebagai Variabel Intervening di BeautyHaul - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
xiv,132p.:il,;pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

KHAIRUNNISA HANDINI PROFITYAS
Perorangan
Indrawati
 

Penerbit

Universitas Telkom, S2 Manajemen PJJ
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • ELI2H6 - TESIS

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini