Penelitian ini dilakukan untuk memberikan gambaran tentang cara start-up flowerry forist memperkerjakan karyawannya dengan menggunakan analisis jabatan, sehingga penelitian ini dapat digunakan untuk meninjau atau memperbaiki cara manajemen dan karyawan melakukan tugasnya. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah Untuk memahami dengan baik tugas dan tanggung jawab setiap jabatan, sehingga start-up dapat meningkatkan efisiensi dalam pelaksanaan tugas sehari-hari.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan melibatkan wawancara langsung dengan seluruh staf Flowerry Forist. Penulis menggunakan metode ini untuk mendapatkan informasi tentang analisis jabatan melalui SOP, job description, dan job specification pada start-up manik-manik flowerry forist. Hasil penelitian ini menghasilkan analisis jabatan yang terdiri dari standard operating procedure (SOP), job description, dan job specification yang masing-masing memiliki peran signifikan dalam memastikan efisiensi dan efektivitas operasional perusahaan
Kesimpulan penelitian ini berhasil mengidentifikasi beberapa temuan utama yang dapat dirangkum, seperti SOP yang diterapkan di berbagai divisi seperti SDM & Umum, Produksi, Finance, dan Marketing membantu mengatur alur kerja yang jelas dan terstruktur, sehingga setiap staf divisi dapat menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik. Job description memberikan gambaran rinci mengenai tugas dan wewenang setiap posisi, mulai dari CEO hingga staf di setiap divisi, memastikan bahwa operasional perusahaan berjalan dengan lancar, efisien dan tersusun dengan baik pada setiap jabatannya. Sementara itu, Job specification menentukan persyaratan umur, jenis kelamin, keterampilan khusus, pendidikan, dan pengalaman yang relevan untuk setiap posisi, guna menjamin bahwa setiap jabatan diisi oleh individu yang kompeten.
Kata Kunci : SOP, job description, job specification, start-up