Pada era digital yang terus berkembang, kebutuhan masyarakat akan informasi dan hiburan mudah dipenuhi melalui berbagai platform media, termasuk YouTube. Fenomena Virtual YouTuber (VTuber) menjadi salah satu bentuk baru hiburan yang menggabungkan teknologi motion capture dan realitas virtual untuk menciptakan karakter berbentuk avatar animasi 3D yang interaktif. Penelitian ini mengambil kasus Evelyn, salah satu VTuber independen di Indonesia dengan fanbase yang kuat. Meskipun popularitas VTuber meningkat, VTuber independen seperti Evelyn menghadapi tantangan dalam persaingan dengan VTuber yang dikelola agensi besar. Studi ini bertujuan untuk memperkuat karakteristik desain Evelyn melalui penerapan metode transmedia, yang memungkinkan penyebaran naratif produk kreatif ke berbagai dimensi media, menciptakan interaksi yang berbeda dan meningkatkan pengalaman pengguna. Metodologi pengumpulan data dan analisis yang digunakan meliputi wawancara, kuesioner, observasi digital, dan studi pustaka untuk mengumpulkan data primer dan sekunder yang relevan. Berdasarkan data yang dikumpulkan melalui wawancara, kuesioner, observasi, dan studi pustaka, diperlukan perancangan transmedia untuk memperkuat personal branding Evelyn. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi rekomendasi untuk meningkatkan popularitas Evelyn dan menjadi contoh bagi talent VTuber lainnya dalam menciptakan pengalaman interaktif dan menarik bagi para penggemar.
Kata Kunci: VTuber, Transmedia, Desain Karakter, Evelyn.