Seiring dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi saat ini, teknologi memungkinkan kita untuk terhubung satu sama lain melalui media sosial seperti TikTok, Instagram, dan YouTube. Namun, penggunaan media sosial secara berlebihan dapat menyebabkan ketergantungan dan dapat memunculkan perilaku Fear of Missing Out (FoMO) dikalangan mahasiswa yang dekat dengan media sosial dalam kehidupan sehari-hari. Perancangan ini bertujuan untuk membuat animatic storyboard sebagai media informasi yang efektif mengenai dampak perilaku FoMO yang dipengaruhi oleh media sosial terhadap gaya hidup konsumtif mahasiswa. Melalui pemanfaatan animatic storyboard yang dapat dijadikan sebagai media visual untuk menyampaikan pesan dengan cara yang menarik dan mudah dipahami. Metode perancangan ini melibatkan beberapa metode seperti kuesioner, observasi, wawancara, dan studi pustaka yang kemudian data-data tersebut diolah menggunakan analisis mixed method dengan pendekatan fenomenologi. Hasil dari studi dan perancangan ini diharapkan dapat memberikan informasi yang bermanfaat untuk membantu mahasiswa dalam membuat keputusan yang lebih bijaksana terkait konsumsi mereka.
Kata kunci: media sosial, mahasiswa, Fear of Missing Out, perilaku konsumtif, animatic storyboard