Nilai Perusahaan merupakan pandangan investor terhadap harga sahamnya. nilai perusahaan memiliki signifikan penting karena mencerminkan aspirasi pemilik perusahaan. Sebuah nilai perusahaan yang tinggi menunjukkan tingginya kesejahteraan bagi pemegang saham.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kebijakan dividen, sales growth, dan komite audit terhadap nilai perusahaan dengan variabel kontrol profitabilitas, leverage, dan ukuran perusahaan pada perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2018-2020.
Analisis data penelitian ini menggunakan statistik deskriptif dan regresi data panel. Populasi dalam penelitian ini adalah sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2018-2020. Teknik sampling yang dilakukan yaitu purposive sampling dimana peneliti memilih sampel berdasarkan kriteria tertentu. Dalam penelitian ini diperoleh jumlah sampel sebanyak 90 sampel yang terdiri dari 18 perusahaan dengan periode penelitian 5 tahun. Metode analisis data menggunakan analisis regresi data panel dengan menggunakan software Eviews dengan melakukan beberapa tahap pengujian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan variabel independen kebijakan dividen, sales growth, dan komite audit (presentasi pertemuan) dengan variabel kontrol profitabilitas, leverage, dan ukuran perusahaan secara bersama-sama (simultan) berpengaruh terhadap variabel dependen nilai perusahaan. Secara parsial, variabel independen kebijakan dividen, sales growth, dan komite audit (presentasi pertemuan) dengan variabel kontrol profitabilitas, leverage, dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Sedangkan profitabilitas berpengaruh positif serta ukuran perusahaan berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan.
Kata Kunci: Kebijakan dividen, komite audit, leverage, nilai perusahaan, profitabilitas sales growth dan ukuran perusahaan