MOTIF PENGGUNA APLIKASI TIKTOK ANTARA IMPLEMENTASI KREATIVITAS DAN PERILAKU KECANDUAN - Dalam bentuk buku karya ilmiah

AISYAH MUJAHIDAH RISALAH

Informasi Dasar

131 kali
24.05.378
000
Karya Ilmiah - Thesis (S2) - Reference

Penggunaan aplikasi TikTok bagi remaja yang mengaksesnya dinilai mempunyai peluang untuk menggunakan kemampuan kreatif dalam membuat konten di TikTok, namun aplikasi Tiktok, nyatanya juga akan berdampak buruk bagi individu khususnya para remaja yang masih sangat labil. Tiktok dapat menimbulkan dampak negatif dimana membuat penggunanya semakin hari semakin kecanduan. Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan menganalisis implementasi kreativitas dan perilaku kecanduan pengguna TikTok. Implementasi menggunakan Torrance Test of Creative Thinking (TTCT) dan perilaku kecanduan menggunakan Bergen Social Media Addiction Scale. Ada empat aspek kreativitas, yaitu kelancaran, fleksibilitas, elaborasi, dan orisinalitas. Sedangkan perilaku kecanduan terdapat aspek arti-penting, toleransi, perubahan suasana hati, penarikan diri dan kambuh. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, untuk mengetahui lebih lanjut kreativitas dan kecanduan yang ada pada pengguna TikTok. Berdasarkan temuan, 82% mampu mengimplementasikan kreativitasnya pada aplikasi TikTok dengan aspek terbesar terletak pada fleksibilitas dalam memanfaatkan kemampuan mengidentifikasi permasalahan atau memberikan solusi terhadap permasalahan yang dimilikinya dengan memanfaatkan fitur dan visualisasi yang tersedia pada TikTok. Sedangkan untuk perilaku kecanduan ditemukan sebesar 75% adanya perilaku kecanduan, dengan dimensi terbesar pada perubahan suasana hati, hal ini dikarenakan para TikTokers mencari kesenangan dan hiburan untuk melupakan sejenak masalahnya.
 
Kata Kunci: Kecanduan, Kreativitas, Media Sosial, TikTok, TikTokers
 

Subjek

DIGITAL MEDIA
 

Katalog

MOTIF PENGGUNA APLIKASI TIKTOK ANTARA IMPLEMENTASI KREATIVITAS DAN PERILAKU KECANDUAN - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
x, 97p.: il,; pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AISYAH MUJAHIDAH RISALAH
Perorangan
Nofha Rina
 

Penerbit

Universitas Telkom, S2 Ilmu Komunikasi
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • KII7C6 - TESIS

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini