HUBUNGAN BRAND HATE DAN PRODUCT QUALITY TERHADAP NON-REPURCHASE INTENTION (STUDI KASUS PRODUK AIR MINUM DALAM KEMASAN AQUA) - Dalam bentuk buku karya ilmiah

PRAMUDYA IBNU SUBRATA

Informasi Dasar

176 kali
24.05.473
658.8
Karya Ilmiah - Thesis (S2) - Reference

Pertumbuhan pasar industri air minum dalam kemasan (AMDK) di Indonesia pasca pandemi Covid-19 menjadi peluang besar bagi setiap produsen AMDK di Indonesia. Hal ini didukung data terkait peningkatan kebutuhan AMKD yang meningkat 10% dibandingkan tahun sebelumnya. Namun AQUA sebagai industri AMDK malah mengalami penurunan penjualan dan Brand Index di tahun 2023 yang diperkirakan karena adanya seruan boikot produk AQUA dan berita terkait kandungan BPA pada produk tersebut.

Pencarian dan pertukaran  informasi di internet yang sering disebut dengan Electronic Word of Mouth (EWOM) yang berkembang pesat di Indonesia, menjadikan dua fenomena tersebut cepat perkembang dan diperkirakan mempengaruhi penjualan dari AQUA. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Product Quality dan Brand Hate terhadap Non-Repurchase Intention yang dimediasi oleh online complaining dan N-EWOM pada industri AMDK di Indonesia khususnya produk AQUA.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan analisis kausal dan deskriptif. Pengambilan sampel dilakukan dengan penyebaran kuesioner kepada 465 responden yang dianalisis menggunakan alat analisis data Structural Equation Model (SEM) dengan software statistik SmartPLS 3.2.9.

Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa adanya hubungan positif dan signifikan dari Brand Hate terhadap Non-Repurchase Intention  serta  hubungan negatif dan signifikan Product Quality terhadap Non-Repurchase Intention yang dimediasi oleh online complaining dan N-EWOM pada produk AQUA. Model dalam penelitian ini mampu memprediksi Non-Repurchase Intention konsumen AQUA sebesar 45,8% yang termasuk kategori lemah.

Dari hasil penelitian tersebut Danone AQUA dapat : (1) melakukan penghentian aktifitas yang menyimpang dari ideologi masyarakat di Indonesia (2) membangun Brand Image yang baik (3) menanggapi dan memperbaiki kualitas produk AQUA sesuai keluhan konsumen di media sosial. 
 

Kata Kunci : Brand hate, N-EWOM, Non-Repurchase Intention, Online Complaining,  Product Quality
 

Subjek

MARKETING MANAGEMENT
 

Katalog

HUBUNGAN BRAND HATE DAN PRODUCT QUALITY TERHADAP NON-REPURCHASE INTENTION (STUDI KASUS PRODUK AIR MINUM DALAM KEMASAN AQUA) - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
xvi,218p.:il,;pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

PRAMUDYA IBNU SUBRATA
Perorangan
Indrawati
 

Penerbit

Universitas Telkom, S2 Manajemen
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • EMI2E3 - E-MARKETING

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini