Pengaruh New Media Terhadap Krisis Sosial dalam Film Don’t Look Up (2021) - Dalam bentuk buku karya ilmiah

ARYA SATYA HUTAMA

Informasi Dasar

125 kali
24.04.4146
791.43
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Abstrak: Krisis sosial merupakan kejadian di mana terjadi gangguan terhadap keseimbangan di dalam masyarakat. Penyebaran misinformasi dan disinformasi menjadi kekhawatiran masyarakat. Penyebaran informasi ini dipengaruhi oleh perkembangan internet sebagai new media. Internet mampu menjangkau secara luas dan menyebarkan informasi dengan cepat. Film Don’t Look Up 2021 mencoba mengkritik krisis yang terjadi dengan merepresentasikan komet sebagai krisis sosial. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh new media terhadap krisis sosial dalam film Don’t Look Up 2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif interpretatif dan menggunakan analisis semiotika Ferdinand de Saussure untuk menentukan representasi krisis sosial, melalui penanda dan petanda krisis sosial dalam film ini. Hasil penelitian ini menunjukan penanda-petanda krisis sosial yang muncul pada mise en scene dalam film Don’t Look Up 2021, berupa krisis sosial terkait polarisasi sosial dan politik, serta misinformasi dan disinformasi yang menyebar melalui internet.
Katakunci: internet, krisis sosial, new media, semiotika

Subjek

SEMIOTICS
 

Katalog

Pengaruh New Media Terhadap Krisis Sosial dalam Film Don’t Look Up (2021) - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
xi, 52p.: il,; pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ARYA SATYA HUTAMA
Perorangan
Ardy Aprilian Anwar, Anggar Erdhina Adi
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Desain Komunikasi Visual
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • DCI4E6 - TUGAS AKHIR/SKRIPSI (SMSTR 7/8)

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini