IMPLEMENTASI IT SERVICE MANAGEMENT (ITSM) PADA PROSES INCIDENT MANAGEMENT DAN PROBLEM MANAGEMENT MENGGUNAKAN FRAMEWORK ITIL V3 DI DISKOMINFO KOTA BANDUNG - Dalam bentuk buku karya ilmiah

AULIA ULFA CHENI

Informasi Dasar

112 kali
24.04.4320
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pada era digital saat ini, implementasi Teknologi Informasi (TI) memberikan manfaat sekaligus dampak yang besar terhadap operasi bisnis salah satunya pada penyediaan layanan (service) TI baik organisasi swasta maupun pada pemerintahan. Penyediaan layanan TI juga menjadi fokus dari Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Bandung, yang merupakan sebuah instansi pemerintah daerah yang bertanggung jawab pada sektor komunikasi dan informatika Kota Bandung di pemerintahan Kota Bandung. Penyediaan layanan di Diskominfo Kota Bandung saat ini didukung oleh aturan penerapan SPBE (Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik) dan dengan mengadopsi ISO/IEC 20000. Pada penelitian ini dilakukan evaluasi implementasi ITSM pada Diskominfo Kota Bandung menggunakan ITIL V3 pada Service Operation proses Incident Management dan Problem Management. ITIL V3 sebagai kerangka kerja untuk melengkapi implementasi pengelolaan layanan TI. Penelitian ini dilakukan dengan menganalisis gap berdasarkan hasil asseesment ITIL V3 menggunakan pengukuran CMMI yang didapatkan dari hasil wawancara dengan stakeholder terkait. Tujuan dilakukannya implementasi ITSM menggunakan ITIL V3 adalah untuk dapat meningkatkan kualitas pengelolaan layanan TI sehingga lebih efektif dan efisien, dengan mengusulkan roadmap rekomendasi yang nantinya dapat dijadikan sebagai referensi atau acuan pengelolaan insiden dan masalah TI di Diskominfo Kota Bandung. Kata Kunci - ITSM, Incident Management, Problem Management, ITIL V3, Diskominfo Kota Bandung.

Subjek

SERVICE MANAGEMENT
 

Katalog

IMPLEMENTASI IT SERVICE MANAGEMENT (ITSM) PADA PROSES INCIDENT MANAGEMENT DAN PROBLEM MANAGEMENT MENGGUNAKAN FRAMEWORK ITIL V3 DI DISKOMINFO KOTA BANDUNG - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
xv, 121p,; il.: pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AULIA ULFA CHENI
Perorangan
Ari Fajar Santoso, Dhata Praditya
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Sistem Informasi
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • III4A4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini