ABSTRAK
Kantor BPJS merupakan tempat untuk melakukan kegiatan administrasi serta pelayanan publik yang berkaitan dengan program jaminan sosial yang ada di Indonesia. Kantor BPJS Kesehatan merupakan kantor pelayanan publik, yang berarti bahwa kantor ini memiliki peran untuk memenuhi kebutuhan berupa jasa yang berkaitan dengan jaminan sosial. Sehingga perlu adanya pelayanan yang baik untuk bisa memenuhi kepuasan masyarakat. Akan tetapi adanya isu mengenai kualitas pelayanan publik yang ada di Indonesia, mempengaruhi opini masyarakat terhadap pelayanan di kantor BPJS. Adanya permasalahan ini, salah satunya dipengaruhi oleh konfigurasi ruang pelayanan yang belum dirancang khusus untuk area publik. Berdasarkan hasil observasi langsung dan analisis data, permasalahan konfigurasi ruang dipengaruhi oleh konektivitas, aksebilitas, serta sirkulasi. Dari permaslahan yang ada, pendekatan yang diterapkan adalah space syntax yang menganalisis hubungan spasial antara ruang yang berdekatan dan mengidentifikasi konektivitas ruang secara langsung maupun tidak langsung Aspek ini dapat mempengaruhi aktivitas serta pergerakan pengguna kantor BPJS Kesehatan cabang Bandung. Tujuan dari perancangan ulang ini adalah untuk menjawab permasalahan-permasalahan yang ada dengan memberikan solusi melalui desain yang lebih fungsional melalui aspek serta elemen pada interior. Sehingga diharapkan dari hasil perancangan ini nantinya dapat bermanfaat sebagai referensi dan sebagai penelitian lanjutan bagi peneliti lain.
Kata kunci: Pelayanan publik, konfigurasi, interior, space syntax