Pendidikan adalah dasar kemajuan suatu negara, pendidikan menjadi tumpuan harapan untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia. SMK merupakan satuan pendidikan formal yang memberikan pendidikan kejuruan pada jenjang pendidikan menengah dan mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja di bidang tertentu. Masih banyaknya sekolah yang tidak mampu berkembang dan kalah saing dengan sekolah lain, menjadikan beberapa sekolah yang berada di Kabupaten Karawang memiliki siswa yang sedikit. Hal ini disebabkan karena kurangnya kegiatan promosi yang tidak efektif, persaingan yang semakin kuat, belum mampu berkembang dan beradaptasi dengan pasar, dan lain-lain, hal ini juga merupakan permasalahan yang sedang dialami oleh SMK Taruna Karya Mandiri. Belum adanya sistem desain dan kegiatan promosi yang tepat bagi SMK Taruna Karya Mandiri. Data yang diperoleh untuk penelitian ini yaitu observasi, wawancara, kuesioner, dan daftar pustaka untuk mengidentifikasi masalah dan akan di analisis melalui strategi desain dan desain komunikasi visual yang akan menghasilkan identitas visual dan media-media yang tepat bagi SMK Taruna Karya Mandiri untuk menyelesaikan masalahnya.