Kota Lama Banyumas adalahn kawasan yang berada di kabupaten banyumas. Dahulunya, Kota Lama Banyumas merupakan kawasan pusat pemerintah Kabupaten Banyumas sebelum pindah menuju Purwokerto. Hal ini membuat kawasan tersebut memiliki berbagai macam warisan peninggalan yang memiliki daya tarik bagi masyarakat maupun wisatawan yang mencari pesona budaya dan kesenian tradisional. Namun popularitas kawasan ini masih minim di masyarakat terutama masyarakat Banyumas dan sekitarnya. Selain itu, Kawasan Kota Lama Banyumas sempat mendapatkan revitalisasi pada tahun 2023 dan baru di buka kembali pada awal tahun 2024 oleh karena itu pengenalan Kota Lama Banyumas dengan wajah yang baru masih tergolong baru oleh karena itu dibutuhkan perancangan brand identity untuk membangun citra dari lokawisata Kota Lama Banyumas sebagai kawasan Pariwisata budaya. Untuk menyelesaikan permasalahan diatas penulis mengumpulkan data melalui metode observasi , studi literatur, wawancara sumber terkait, dan membagikan kuesioner. Media yang akan penulis gunakan adalah guideline book untuk identitas visual Kota Lama Banyumas dan bagaimana identitas ini diaplikasikan ke berbagai media lainnya. Penulis berharap Tugas akhir ini dapat membantu membangun brand awareness masyarakat terhadap Kota Lama Banyumas.
Kata Kunci : Pariwisata Budaya, Kota Lama Banyumas, Identitas visual