ANALISIS CRITICAL SUCCESS FACTOR DIGITAL STARTUP: STUDI KASUS PADA STARTUP DI BAWAH INKUBATOR DIGITAL AMOEBA - Dalam bentuk buku karya ilmiah

HAFIZH CHAIRUZZAMAN

Informasi Dasar

201 kali
24.04.4845
658.1592
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Dalam beberapa tahun terakhir, pendirian berbagai perusahaan baru mencerminkan pesatnya perkembangan bisnis di Indonesia saat ini. Perusahaan-perusahaan ini memegang peranan penting dalam sistem ekonomi Indonesia. Pertumbuhan jumlah startup di Indonesia menunjukkan bahwa industri digital menawarkan banyak peluang bisnis yang sangat menjanjikan. Indonesia termasuk ke dalam daftar 10 negara dengan startup terbanyak di dunia pada tahun 2024, Indonesia menempati peringkat keenam dengan 2.630 startup, setelah Australia. Pertumbuhan startup saat ini terus menunjukkan kinerja positif yang dapat meningkatkan ekonomi digital Indonesia.
Jumlah startup yang terus berkembang di Indonesia sebanding dengan jumlah kegagalan yang mereka hadapi. Banyak startup baru yang gagal berkembang karena perencanaan bisnis yang tidak memadai, ketidakmampuan bersaing dengan kompetitor di pasar, kekurangan sumber daya manusia yang kompeten, dan kekurangan dana dari investor. Critical Success Factor (CSF) adalah prosedur yang berusaha mengidentifikasi dan menjelaskan beberapa area kunci yang menentukan keberhasilan manajerial atau organisasi. Sehingga diperlukan pemahaman yang mendalam tentang Critical Succes Factor yang dapat mendukung pertumbuhan bisnis baru. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan critical succes factor di Digital Amoeba. Penelitian ini didasarkan pada teori strategic entrepreneurship sebagai grand theory, kemudian teory dinamic capability dan market based view sebagai midlle theory dan critical success factor sebagai applied theory.
Dalam penelitian ini, inovasi, entrepreneurship, teknologi, dan ekonomi adalah faktor penting keberhasilan startup. data kualitatif dengan analisis menggunakan metode AHP yang diperoleh dari wawancara mendalam dengan CEO startup dan ahli startup di Digital Amoeba. teknik analisis data yang digunakan yaitu data collection, data reduction dan data conclussion. Hasil penelitian menunjukkan bahwa empat faktor penting untuk kesuksesan startup yaitu entrepreneurship, teknologi, inovasi, dan ekonomi. Untuk menjalankan bisnisnya dengan sukses, seorang CEO perlu memahami dan memiliki sikap entrepreneurship. Teknologi merupakan hal yang penting untuk startup, meskipun tidak selalu harus yang terbaru yang lebih esensial adalah keahlian dalam mengoperasikan teknologi. Aspek ekonomi terkait dengan pengelolaan uang, termasuk cara menarik minat investor dan pengelolaan keuangan dengan baik. Dalam hal pendanaan, perlu perhatian khusus pada bagaimana menarik minat investor, menjaga hubungan dengan mereka, dan mengelola keuangan secara efisien.
Hasil penelitian ini adalah dari keempat faktor yang diidentifikasi, entrepreneurship merupakan elemen paling penting dalam meraih kesuksesan sebuah startup. Dimensi entrepreneurship ini erat terkait dengan karakteristik khusus yang dimiliki oleh pendiri perusahaan serta kinerja optimal dari sumber daya manusia yang terlibat.
 
Kata kunci: Inovation, Entrepreneurship, Technology, Economi, Critical Success Factor, Digital Amoeba
 

Subjek

MANAJEMEN STRATEGI
 

Katalog

ANALISIS CRITICAL SUCCESS FACTOR DIGITAL STARTUP: STUDI KASUS PADA STARTUP DI BAWAH INKUBATOR DIGITAL AMOEBA - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
viii,157p.:il,;pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

HAFIZH CHAIRUZZAMAN
Perorangan
Sunu Puguh Hayu Triono
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika)
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • EBI3P4 - MANAJEMEN STRATEGI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini