Kampanye #BerkainGembira merupakan upaya dalam memperkenalkan dan mempromosikan wastra khas Indonesia. Wastra Indonesia saat ini penggunaannya sudah beragam, mulai dari lembaran kain hingga dalam bentuk busana, yang dapat dikenakan sehari-hari seperti dalam situasi sebuah acara ataupun bekerja. Di Indonesia terdapat peraturan dalam penggunaan busana batik dalam bekerja. Batik Pekalongan merupakan salah satu batik yang memiliki ranah warna dan motif yang beragam. Berdasarkan fenomena tersebut dan adanya kebutuhan dalam penggunaan busana kerja batik, maka perancangan busana kerja batik semi formal dengan pengaplikasian batik Pekalongan merupakan solusi. Perancangan dari penelitian ini menggunakan material yang cocok untuk busana kerja seperti tidak menerawang dan cukup ringan, serta siluet longgar untuk dapat memudahkan wanita karir dalam bermobilisasi ketika bekerja. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan penggunaan teknik pengumpulan data seperti studi literatur, observasi, wawancara dan juga kuisioner. Hasil akhir dari penelitian ini ialah produk busana kerja batik semi formal dengan pengaplikasian batik Pekalongan menggunakan teknik mix-material dan juga perencanaan bisnisnya. Perencanaan bisnis untuk produk yang dibuat disusun menggunakan Business Model Canvas (BMC) dengan penyesuaian value dan juga kebutuhan target market.
Kata Kunci: Batik Pekalongan, busana kerja, perencanaan bisnis, wanita karir.