PENGEMBANGAN MODEL BISNIS DENGAN PENDEKATAN LEAN CANVAS PADA KAFE TADASHI KOHI - Dalam bentuk buku karya ilmiah

M. WAFI JAUHAR

Informasi Dasar

122 kali
24.04.5211
658.11
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Jawa barat merupakan provinsi dengan jumlah UMKM terbanyak dengan jumlah sebanyak 1,49 juta unit usaha. Jumlah UMKM mengalami pertumbuhan yang baik di Indonesia sepanjang tahun 2022 khususnya di provinsi Jawa Barat. UMKM ini meliputi usaha dalam bidang makanan, fashion, perdagangan, handicraft, jasa, dan lain lain. Menurut Open data Bandung pada tahun 2022 terdapat 1.533 usaha dalam bidang makanan dengan 1.187 yaitu berupa kafe dan resto yang mana menjadika kota bandung dijuluki sebagai salah satu surga kuliner di Indonesia. Dengan banyaknya Kafe dan resto yang berada di Kota Bandung menjadikan tantangan bagi pengusaha yang ingin membuka usaha sejenisnya. Pembukaan kafe menghadapi sejumlah tantangan, termasuk persaingan di industri kuliner yang sengit. Hal ini menunjukkan bahwa perlu untuk merencanakan berbagai strategi agar dapat bertahan menarik minat pelanggan serta mengimbangi persaingan dalam bidang usaha yang sama. Strategi tersebut mencakup pelayanan, harga, kualitas produk, konsep kafe, dan inovasi-inovasi yang harus terus dikembangkan. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan perancangan model bisnis untuk Kafe Tadashi Kohi guna mempersiapkan kafe yang akan dibukanya. Perancangan model bisnis diawali dengan melakukan pengumpulan data sekunder untuk selanjutnya dilakukan perancangan lean canvas. Hasil rancangan lean canvas selanjutnya akan diverifikasi guna memperkuat mekanisme atau hal-hal yang perlu menjadi dasar pembuatan model bisnis. Selanjutnya dilakukan validasi dengan melakukan wawancara kepada early adopters terkait masalah dan solusi yang telah diidentifikasi. Early adopters dalam model bisnis yang dirancang adalah mahasiswa Bandung yang merupakan target dari Kafe Tadashi Kohi itu sendiri. Unique value proposition yang dirancang adalah “a place that makes many memories with the people closest to you”. Solusi yang dihasilkan yaitu model bisnis yang baru sehingga pemiliki kafe lebih mengerti dan memahami apa yang perlu dipersiapkan dalam pembukaan usaha kafe baru.

Kata kunci: Kafe Tadashi Kohi, lean canvas, Kopi, Pelanggan

Subjek

BUSINES
 

Katalog

PENGEMBANGAN MODEL BISNIS DENGAN PENDEKATAN LEAN CANVAS PADA KAFE TADASHI KOHI - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
x, 103p.: il,; pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

M. WAFI JAUHAR
Perorangan
Budi Sulistyo, Yudha Prambudia
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • IEI473 - PERANCANGAN MODEL BISNIS

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini