IMPLEMENTASI PEMASARAN ONLINE DENGAN PENGEMBANGAN CONTENT MARKETING (Study Pada Akun Tiktok @miebaekekspress Tahun 2024) - Dalam bentuk buku karya ilmiah

AR RUHANIYATUL 'ALIYAH

Informasi Dasar

85 kali
24.06.717
658.84
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Dalam beberapa tahun terakhir, bisnis kuliner di Indonesia mengalami pertumbuhan pesat pada sektor makanan dan minuman, terutama UMKM yang menyumbang sekitar 60% perekonomian Jawa Barat. Menurut laporan MSME Empowerment Report 2022, sekitar 91,3 persen pelaku UMKM menggunakan media sosial sebagai kanal pemasaran, dan jumlah pengguna aktif media sosial Tiktok di Indonesia mencapai 167 juta orang, setara dengan 60,4% dari populasi. Banyaknya pengguna ini mendorong pebisnis atau pelaku UMKM untuk memanfaatkan TikTok sebagai media pemasaran. Namun bisnis kuliner  Mie Baek Ekspress masih menghadapi tantangan dalam konsistensi pembuatan konten dan pengelolaan strategi pemasaran yang tidak efektif sehingga berdampak pada keberhasilan bisnis.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus untuk menganalisis implementasi pemasaran online dan pengembangan konten marketing pada akun TikTok @miebaekekspress. Data dikumpulkan melalui observasi langsung, wawancara dengan pemilik, serta analisis konten yang diunggah pada akun TikTok. Analisis dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi untuk memastikan validitas data dan memperoleh gambaran yang komprehensif mengenai strategi pemasaran yang diterapkan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan content marketing yang kreatif dan konsisten signifikan dalam meningkatkan engagement dan awareness terhadap brand Mie Baek Ekspress, dengan kenaikan engagement sebesar 28% setelah strategi pemasaran TikTok diterapkan. Meski terdapat kendala dalam konsistensi pembuatan konten akibat kekurangan staf, strategi TikTok terbukti efektif dalam menarik perhatian konsumen dan memperluas jangkauan pasar. Penelitian ini merekomendasikan agar Mie Baek Ekspress mempertimbangkan penambahan staff khusus atau magang untuk mengelola konten pemasaran secara optimal.
Kata Kunci: Pemasaran Online, Konten Pemasaran, Media Sosial Tiktok


 

Subjek

MANAJEMEN PEMASARAN
 

Katalog

IMPLEMENTASI PEMASARAN ONLINE DENGAN PENGEMBANGAN CONTENT MARKETING (Study Pada Akun Tiktok @miebaekekspress Tahun 2024) - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AR RUHANIYATUL 'ALIYAH
Perorangan
Sampurno Wibowo
 

Penerbit

Universitas Telkom, D3 Manajemen Pemasaran
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini