Guru merupakan faktor terpenting dalam dunia pendidikan di seluruh dunia. Perannya menyertai pertumbuhan pendidikan dalam skala yang besar dalam setiap aspek. Dalam setiap perkembangan sistem pendidikan yang baik, ada peran guru dalam melaksanakan rencana-rencana yang dapat dilakukan dengan cara yang inovatif. Selain peran guru, peran kepala sekolah dalam memimpin tim pendidik dan budaya organisasi dalam sekolah juga penting untuk membimbing para guru. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui aspek-aspek yang dapat memudahkan guru dalam menghadapi perubahan. Aspek-aspek yang diteliti adalah kepemimpinan transformasional dan budaya organisasi. Dampak dari aspek tersebut, dilakukan untuk menganalisis perilaku kerja inovatif pada guru. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner. Peneliti menyebarkan kuesioner kepada guru dengan responden sebanyak 130 responden. Teknik pengambilan sampel digunakan dengan metode purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan menggunakan PLS-SEM menggunakan aplikasi Smartpls 3.2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel independen pertama yaitu kepemimpinan transformasional berpengaruh siginifikan dan positif terhadap perilaku kerja inovatif. Variabel independen kedua yaitu budaya organisasi berpengaruh signifikan dan positif terhadap perilaku kerja inovatif. Begitu pula dengan kedua variabel independen jika dilakukan secara simultan, berpengaruh secara signifikan terhadapa perilaku kerja inovatif. Penelitian yang telah dilakukan diharapkan dapat menjadi bahan evaluasi bagi para sekolah maupun pembuat kurikulum. Selain itu, penelitian ini juga dapat menjadikan para guru sadar betapa pentingnya perilaku kerja inovatif bagi para pendidik untuk menghadapi perubahan.