BPJS Ketenagakerjaan adalah salah satu program publik yang bertujuan memberikan perlindungan kepada tenaga kerja dalam mengatasi risiko sosial ekonomi tertentu dengan mekanisme jaminan sosial. BPJS Ketenagakerjaan sebagai lembaga negara yang bergerak dalam bidang jaminan sosial merupakan pelaksana undang-undang jaminan sosial tenaga kerja. Jaminan sosial tenaga kerja menjadi salah satu program wajib yang dicanangkan oleh pemerintah, sehingga setiap perusahaan diimbau untuk mendaftarkan pekerjanya.
Transformasi digital telah menjadi strategi penting dalam meningkatkan tata kelola pemerintahan dan menyediakan layanan publik secara lebih efisien dan inklusif. Di Indonesia, penerapan layanan e-government, termasuk jaminan sosial, perizinan, dokumen resmi, dan pembayaran pajak, mencerminkan kemajuan yang signifikan dalam menjembatani kesenjangan layanan dan mendorong partisipasi warga negara.
Penelitian ini berfokus pada adopsi aplikasi Jamsostek Mobile (JMO), sebuah inisiatif digital oleh BPJ