ANALISIS PENERAPAN COPYWRITING PADA KONTEN INSTAGRAM @indibiz.jabar DALAM MEMBANGUN BRAND AWARENESS INDIBIZ OLEH TELKOM REGIONAL II - Dalam bentuk buku karya ilmiah

HANA OLIVIA TARIGAN

Informasi Dasar

116 kali
25.04.948
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Di tengah perkembangan media sosial, Instagram menjadi sarana efektif membangun brand awareness. Salah satunya dengan copywriting yang mampu menarik perhatian, mengajak, dan menciptakan kesadaran. Penelitian ini bertujuan menganalisis penerapan copywriting konten Instagram @indibiz.jabar dalam membangun brand awareness Indibiz oleh PT Telkom Regional II. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif melalui teknik pengumpulan data wawancara, dokumentasi, dan observasi.  Penelitian ini mengacu teori brand awareness pyramid David Aaker (1991) dengan empat sub-analisis: unaware of brand, brand recognition, brand recall, dan, top of mind.
Hasil penelitian ini menunjukkan, @indibiz.jabar telah menerapkan copywriting dalam membangun tiga tingkatan awal dalam piramida kesadaran merek. Dalam unaware of brand, guna menarik perhatian audiens, diterapkan copywriting dengan bahasa yang sederhana, penjelasan solutif, serta kombinasi softselling dan hardselling. Lalu, dalam brand recognition, penerapan copywriting dilakukan dengan konsisten pada tagline dan penyebutan nama merek serta layanan untuk membantu pengenalan Indibiz. Selanjutnya, dalam brand recall, penerapan copywriting difokuskan pada call to action (CTA), deskripsi spesifik pada layanan, dan konten testimoni untuk menguatkan ingatan dan kepercayaan terhadap Indibiz. Sementara itu, @indibiz.jabar belum menerapkan copywriting untuk tingkatan tertinggi yaitu top of mind, karena Indibiz baru saja diluncurkan. Penelitian ini memberikan kontribusi pemahaman tentang bagaimana penerapan copywriting pada konten Instagram dapat dimanfaatkan untuk membangun brand awareness.
 
Kata Kunci: Brand Awareness, Call to Action, Copywriting, Indibiz, Instagram

Subjek

Copywriting
 

Katalog

ANALISIS PENERAPAN COPYWRITING PADA KONTEN INSTAGRAM @indibiz.jabar DALAM MEMBANGUN BRAND AWARENESS INDIBIZ OLEH TELKOM REGIONAL II - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
xii, 78p.: il,; pdf file
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

HANA OLIVIA TARIGAN
Perorangan
Muhammad Sufyan Abdurrahman
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Digital Public Relations
Bandung
2025

Koleksi

Kompetensi

  • PRH213 - PENULISAN HUBUNGAN MASYARAKAT
  • KHI4J4 - SKRIPSI
  • KHI2L3 - TEKNIK PENULISAN KEHUMASAN DIGITAL

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini