PERAN SINEMATOGRAFI MELALUI KOMUNIKASI VISUAL DALAM IKLAN LAYANAN MASYARAKAT “MANCING SAMPAH, BUKAN IKAN” SEBAGAI SARANA EDUKASI SUNGAI CITARUM - Dalam bentuk pengganti sidang - Rancangan Karya Akhir

ZAIDAN RIZQULLAH DIRGANTARA PRATAMA

Informasi Dasar

44 kali
25.04.976
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Masalah sampah di Indonesia terus meningkat dengan volume sampah hingga 70% pada tahun 2050. Sungai Citarum, salah satu sungai terbesar di Indonesia, menjadi salah satu kawasan dengan tingkat pencemaran tinggi, disebabkan oleh dominasi sampah rumah tangga (75,01%) dan kebiasaan masyarakat yang menjadikan sungai sebagai tempat pembuangan sampah. Meskipun pemerintah telah meluncurkan berbagai program, seperti Citarum Harum dan alokasi dana khusus, masalah ini tetap sulit diatasi karena rendahnya kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan. Dalam karya ini, penulis berperan sebagai Director of Photography (DOP) untuk video Iklan Layanan Masyarakat (ILM) berjudul "Mancing Sampah, Bukan Ikan". Iklan Layanan Masyarakat (ILM) ini dirancang sebagai bahan edukasi yang menggabungkan pendekatan komunikasi visual dan unsur humor untuk menarik perhatian penonton serta meningkatkan efektivitas pesan yang disampaikan. Dengan menyisipkan elemen hiburan, video ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan Sungai Citarum. Video berdurasi 2 menit 11 detik ini akan dibagikan melalui akun media sosial TikTok dan Instagram Satuan Tugas Citarum Harum (@satgascitarum).
 
Kata Kunci: Sampah, Sungai Citarum, iklan layanan masyarakat, Director of Photography, Komunikasi Visual
 

Subjek

CSR
 

Katalog

PERAN SINEMATOGRAFI MELALUI KOMUNIKASI VISUAL DALAM IKLAN LAYANAN MASYARAKAT “MANCING SAMPAH, BUKAN IKAN” SEBAGAI SARANA EDUKASI SUNGAI CITARUM - Dalam bentuk pengganti sidang - Rancangan Karya Akhir
 
xv, 103p.: il,; pdf file
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ZAIDAN RIZQULLAH DIRGANTARA PRATAMA
Perorangan
Fiqie Lavani Melano
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Ilmu Komunikasi
Bandung
2025

Koleksi

Kompetensi

  • KII1K3 - KOMUNIKASI MASSA DAN MEDIA BARU
  • SK742083 - PRODUKSI IKLAN

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini