PERANCANGAN INOVASI MODEL BISNIS PADA FUOTTEN DENGAN INTEGRASI PENDEKATAN BUSINESS MODEL NAVIGATOR & BUSINESS MODEL CANVAS DAN QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX - Dalam bentuk buku karya ilmiah

SALSABILA PUTRI INDAH SARI

Informasi Dasar

55 kali
25.05.247
000
Karya Ilmiah - Thesis (S2) - Reference

Fuotten merupakan rumah produksi alas kaki yang didirikan oleh salah satu pengrajin alas kaki yang terletak di Kawasan Sentra Industri Sepatu Cibaduyut. Berdiri pada tahun 2012 dengan mengawali usaha sebagai produsen alas kaki yang berkolaborasi dengan merek alas kaki ternama. Hingga pada tahun 2022, sejak terjadinya pandemi Covid-19 yang menyebabkan penurunan pendapatan secara signifikan. Fuotten mulai membuka merek dan melakukan penjualan sendiri. Dalam prosesnya, Fuotten menghadapi permasalahan pada kurangnya pemahaman dalam bidang pemasaran pada penjualan online, kurangnya pendanaan permodalan yang dimiliki, dan tingginya tingkat persaingan yang dihadapi yang menyebabkan tidak optimalnya tingkat penjualan dan pendapatan yang dihasilkan. Oleh karena itu, penelitian ini akan meneliti tentang inovasi model bisnis pada Fuotten agar dapat tetap bertahan dan bersaing di Industri alas kaki menggunakan metode Business Model Navigator (BMN), analisis SWOT, dan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diketahui bahwa model bisnis eksisting Fuotten berdasarkan metode BMN yaitu menggunakan kombinasi pola model bisnis afiliasi, loyalitas pelanggan, digitalisasi, penjualan langsung, dan E-commerce. Sedangkan, posisi strategis Fuotten saat ini berdasarkan analisis SWOT berada pada kuadran III, dimana Fuotten perlu meminimalisir kelemahan yang dimiliki dan memanfaatkan peluang yang ada secara optimal. Sedangkan, usulan kombinasi pola model bisnis yang didapat dari penelitian yang telah dilakukan berdasarkan metode BMN yaitu kombinasi pola model bisnis menjual pengalaman, saling berbagi pendapatan, dan E-commerce, dan hasil perhitungan QSPM diketahui pada aspek Value Propositions, strategi dengan nilai TAS tertinggi yaitu memanfaatkan peluang sosial media dan e- commerce dalam mengoptimalkan konten pemasaran (5,97), sedangkan pada aspek Revenue Streams yaitu melakukan disversifikasi pendapatan (2,88), dan pada aspek value chain yaitu memanfaatkan program pelatihan dari pemerintah (2,49).
Kata Kunci: Business Model Innovation, Business Model Navigator, SWOT
Analysis, Quantitative Strategic Planning Matrix.
 

Subjek

BISNIS MODEL
 

Katalog

PERANCANGAN INOVASI MODEL BISNIS PADA FUOTTEN DENGAN INTEGRASI PENDEKATAN BUSINESS MODEL NAVIGATOR & BUSINESS MODEL CANVAS DAN QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
xiv, 146p.: il,; pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SALSABILA PUTRI INDAH SARI
Perorangan
Endang Chumaidiyah, Iphov Kumala Sriwana
 

Penerbit

Universitas Telkom, S2 Teknik Industri
Bandung
2025

Koleksi

Kompetensi

  • IMI2M3 - MANAJEMEN TEKNOLOGI DAN INOVASI
  • IEH5L3 - PERANCANGAN MODEL BISNIS
  • IEH6B6 - TESIS

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini