ABSTRAK
Jumlah kunjungan wisatawan nusantara dari tahun ketahun mengalami peningkatan yang signifikan. Indonesia memiliki keberagaman keindahan alam yang tersebar di banyak pulau. Salah satu destinasi yang menakjubkan terletak di pulau Sumatera Barat, yaitu Kawasan Danau Kembar. Sayangnya, dari tahun 2019 hingga tahun 2023, Kawasan ini mengalami penurunan tingkat kunjungan wisata. Dengan pertumbuhan penggunaan internet dan media sosial yang pesat di Indonesia, Pemanfaatan electronic word of mouth dan ulasan mengenai kepuasan wisatawan pada media sosial dapat menjadi solusi untuk meningkatkan kunjungan wisatawan. Melalui ulasan positif di platform media sosial, mengenai destination image yang positif diharapkan Kawasan Danau Kembar dapat mendapatkan perhatian yang lebih besar dan meningkatkan daya tarik bagi wisatatawan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh electronic word of mouth dan tourist satisfaction terhadap interest in viting melalui destination image pada Kawasan Danau Kembar Sumatera Barat. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif untuk mengumpulkan data dengan non-probability sampling dengan menggunakan Teknik purposive sampling dan diolah menggunakan SmartPLS versi 3. Terdapat 300 responden yang digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa electronic word of mouth berpengaruh terhadap destination image. Tourist satisfaction berpengaruh terhadap destination image. Electronic word of mouth berpengaruh terhadap interest in visting. Tourist satisfaction berpengaruh terhadap interest in visting. Destination image berpengaruh terhadap interest in visting. Kemudian, electronic word of mouth berpengaruh terhadap interest in visiting melalui destination image. Dan Tourist Satisfaction berpengaruh terhadap interest in visiting melalui destination image. Implikasi praktis bagi pengelola destinasi memanfaatkan platform digital untuk mempromosikan destinasi wisatanya.
Kata kunci : electronic word of mouth, yourist Satisfaction, destination image, interest in visiting