RANCANG BANGUN WEBSITE CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) BERBASIS WHATSAPP MENGGUNAKAN METODE AGILE (STUDI KASUS: PT KIRIM NOTIF DIGITAL SOLUSI) - Dalam bentuk buku karya ilmiah

HASBY AIMAN

Informasi Dasar

23 kali
25.04.1632
006.7
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun sebuah sistem Customer Relationship Management (CRM) berbasis WhatsApp menggunakan metode Agile, pada studi kasus PT Kirim Notif Digital Solusi. Dalam era digital yang berkembang pesat ini, perusahaan menghadapi tantangan dalam mengelola komunikasi antara pelanggan. PT Kirim Notif Digital Solusi, menyediakan layanan digital marketing akan tetapi masih mengalami keterbatasan dengan sistem yang disediakan, terutama dalam pengolahan data dan komunikasi dengan pelanggan. Metode agile karena kemampuan dalam beradaptasi dengan cepat terhadap kebutuhan pengguna dan meningkatkan kolaborasi antara tim pengembang dan pemilik bisnis. Penelitian ini melibatkan beberapa tahapan mulai dari identifikasi masalah, pengumpulan data, perancangan sistem, hingga pengujian menggunakan Black Box. hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sistem Customer Relationship Management (CRM) yang dibangun dapat meningkatkan komunikasi antara bisnis dengan pelanggan, serta memberikan kemudahan dalam mengelola pesan data pelanggan. dengan adanya sistem Customer Relationship Management (CRM) ini. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sistem Customer Relationship Management (CRM) yang dibangun dapat meningkatkan komunikasi antara bisnis dengan pelanggan, serta memberikan kemudahan dalam mengelola pesan dan data pelanggan. Pengujian Black Box yang dilakukan menunjukkan bahwa semua fitur dalam sistem berfungsi dengan baik, dengan tingkat keberhasilan mencapai 97,5%. Hal ini menandakan bahwa sistem memenuhi ekspektasi pengguna dan dapat diimplementasikan secara efektif

Kata Kunci: Customer Relationship Management (CRM), WhatsApp, Agile Method, Black Box 
 

Subjek

WEB DEVELOPMENT
 

Katalog

RANCANG BANGUN WEBSITE CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) BERBASIS WHATSAPP MENGGUNAKAN METODE AGILE (STUDI KASUS: PT KIRIM NOTIF DIGITAL SOLUSI) - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
xiii, 83p.: il,; pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

HASBY AIMAN
Perorangan
Arif Amrulloh
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Informatika - Kampus Purwokerto
Bandung
2025

Koleksi

Kompetensi

  • CAK3HAB4 - Aplikasi Berbasis Platform
  • CAK3FAB3 - MANAJEMEN PROJEK TIK

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini