Fakultas Ilmu Terapan (FIT) Telkom University merupakan institusi pendidikan vokasi yang aktif dalam kegiatan pembelajaran dan penelitian berbasis praktik. Namun, berdasarkan hasil observasi dan wawancara, ditemukan bahwa penataan ruang FIT saat ini belum optimal dalam mendukung aktivitas pengguna. Permasalahan seperti pencampuran fungsi ruang, pencahayaan yang kurang memadai, serta layout furnitur yang tidak ergonomis berdampak pada menurunnya kenyamanan dan efektivitas pembelajaran.
Oleh karena itu, dilakukan perancangan ulang dengan pendekatan aktivitas berdasarkan perilaku manusia untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih interaktif, fleksibel, dan mendukung kesejahteraan pengguna. Pendekatan ini menekankan pentingnya elemen – elemen interior seperti tata letak, pencahayaan, warna, material, dan suasana ruang dalam membentuk pengalaman positif bagi mahasiswa dan dosen. Hasil dari perancangan menunjukkan bahwa integrasi desain berbasis psikologi ruang dapat meningkatkan kualitas lingkungan belajar sekaligus mendukung produktivitas akademik di lingkungan vokasi.